Ini 6 Tradisi Yang Dilakukan Pada Waktu Lebaran

Ini 6 Tradisi Yang Dilakukan Pada Waktu Lebaran

Selamat Hari Raya Idul Fitri (int)

Sipayo.com – Hari Raya Idul Fitri kini telah tiba setelah sebulan kita menjalani ibadah puasa. Dihari raya Idul fitri biasa umat muslim akan menjalankan ke 6 hal ini. Tim dari Sipayo.com coba menghimpun 6 kebiasaan yang dilakukan warga saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Ke 6 tradisi itu adalah sebagai berikut.

1. Mudik

Mudik di saat Hari Raya Idul Fitri adalah hal yang wajib dilakukan menjelang Lebaran. Selain untuk dapat berkumpul dengan sanak saudara karena terpisah dengan jarak dan kesibukan masing-masing, mudik juga dimanfaatkan untuk melepas kerinduan akan kampung halaman bagi perantau.

2.Sungkeman

Tradisi sungkeman atau meminta maaf kepada orang tua atau orang yang lebih tua adalah wajib dilakukan keluarga yang merayakan Hari Raya Idul Fitri. Kebiasaan ini biasa dilakukan pada saat usai melakukan sholat ied.

3. Halal Bi Halal

Tradisi Halal Bi Halal atau tradisi mengunjungi sanak saudara, tetangga atau kerabat pada saat Lebaran adalah salah satu hal yang pasti dilakukan. Lebaran biasanya dimanfaatkan untuk merajut kembali silaturahmi dengan para kerabat dan saling bersalaman dan bermaaf-maafan atas kesalahan yang dilakukan.

4 Ziarah

Momen hari raya Lebaran juga kerap dilakukan masyarakat untuk berziarah ke makam kerabat yang sudah lebih dahulu meninggal dunia. Selain itu, saat berziarah masyarakat kerap berdoa agar Tuhan memberikan tempat yang layak pada saudara yang telah dipanggil Tuhan.

5. Makan Ketupat dan Opor Ayam

Ketupat dan opor ayam adalah menu yang wajib tersedia pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Sajian ini merupakan menu favorit yang akan disantap pada saat lebaran. para pembaca Sipayo.com sudah menikmati hidangan inikah?

6. Bagi-Bagi THR

Hari lebaran tiba berarti rejeki bagi kita semua karena akan menerima THR. Berbagi rejeki kepada sanak saudara adalah kebiasaan yang sudah mentradisi di masyarakat kita. THR yang biasa diberikan kepada sanak saudara merupakan pecahan uang baru.