Kasihan Petani, Harga Cabai Kian Melorot di Dairi

Kasihan Petani, Harga Cabai Kian Melorot di Dairi

Ilustrasi Cabai (Int)

Sipayo.com – Tren penurunan harga cabai kian hari kian melorot, dengan kondisi yang demikian kita patut kasihan nasib kaum tani, mengingat kondisi ekonomi yang kini tengah tidak berpihak kepada mereka.

Sebagaimana yang terpantau di Pasar Sidikalang, Selasa (13/6/2017) kemarin, harga bahan dapur ini, baik cabai merah dan cabai rawit, sama-sama mengalami penurunan yang cukup signifikan hingga titik terendah.

Pedagang juga turut mengakui anjloknya harga cabai. Bila sebelumnya cabai merah masih laku Rp15.000 per kg, kini menjadi Rp4000 per kg. Sementara cabai rawit yang sebelumnya Rp14.000 kin menjadi Rp3000 per kg.

Tak hanya kondisi harga yang turun drastis, keberadaan Pasar Sidikalang juga terlihat sepi dibandingkan beberapa waktu sebelumnya. (Baca: Pasar Sidikalang Sepi Tak Bergairah, Pedagang Mengeluh)

“Kalau persediaan barang untuk kebutuhan Lebaran terbilang lengkap, tapi daya beli masyarakat yang sedang prihatin sehingga pasar sepi,” ujar salah satu pedagang Pasar Sidikalang Mahmud Tarigan.