PPDB Online SMA dan SMK di Sumut Digelar Mulai 12 Juni 2017

PPDB Online SMA dan SMK di Sumut Digelar Mulai 12 Juni 2017
Sipayo.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri di Sumatera Utara (Sumut) untuk tahun ajaran 2017/2018 akan digelar secara online. Artinya, siswa tidak perlu lagi mendaftar secara manual ke sekolah-sekolah.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Arysad Lubis. Menurut Arsyad, melalui sistem PPBD Online ini setiap siswa berhak memilih dua sekolah pada pilihan pertama dan pilihan kedua.

“Apabila siswa memiliki pilihan 1 dan pilihan 2 merupakan dalam wilayah, maka mempunyai 4 kali kesempatan. Lalu, apabila pilihan 1 luar wilayah dan pilihan 2 dalam wilayah, maka mempunyai 3 kali kesempatan. Selanjutnya, apabila pilihan 1 dalam wilayah dan pilihan 2 luar wilayah, maka mempunyai 3 kali kesempatan. Kemudian, apabila pilihan 1 dan pilihan 2 merupakan luar wilayah, maka mempunyai 2 kali kesempatan,” jelas Arsyad, Jumat (2/6/2017).

Selanjutnya untuk siswa yang memilih SMK, maka memiliki ketentuan dapat memilih 2 SM dengan 2 program keahlian yang sama. Apabila memilih 3 program keahlian berbeda, maka 1 pilihan SMK.

“Pada sistem ini tata cara pelaksanaan penerimaan dibagi menjadi dua jalur. Antara lain, jalur akademik (72 persen) dan jalur non akademik (28 persen),” beber Arsyad.

Kemudian untuk jalur akademik, Arsyad membeberkan wilayah yang meliputi kab/kota 62 persen dan luar wilayah kab/kota 10 persen. Pada jalur akademik ini penilaiannya dari total nilai UN, peringkat nilai UN berdasarkan urutan mata pelajaran, dan jarak tempat tinggal calon peserta dengan sekolah pilihan.

Sementara jalur non akademik, Arsyad menyebut terdiri dari 20 persen jalur afirmasi dan 8 persen jalur non afirmasi. Jalur afirmasi berarti bagi siswa yang rawan melanjutkan, miskin atau tidak mampu direkomendasi dinas sosial kab/kota.

Adapun jalur non afirmasi, 2 persen siswa berprestasi, serta 3 persen anak guru berprestasi dan siswa berkebutuhan khusus (tuna daksa).

“Jalur afirmasi persyaratannya yaitu surat keterangan dari dinas sosial kab/kota. Apabila peminat melebihi kuota, maka akan diseleksi berdasarkan kriteria total dan peringkat nilai UN serta jarak tempat tinggal dengan sekolah. Sedangkan non afirmasi khusus siswa berprestasi tingkat provinsi, nasional dan internasional, anak guru berprestasi tingkat provinsi dan nasional, siswa berkebutuhan khusus (tuna daksa),” terang Arsyad.

Untuk informasi PPDB Online siswa SMA dan SMK di Sumut, dapat dilihat melalui website Dinas Pendidikan Sumut yang beralamat di http://ppdb.disdik.sumutprov.go.id. Berdasarkan pantuan Sipayo.com, PPDB akan dimulai pada tanggal 12 hingga 22 Juni 2017.