Rumah Adat Simalungun di Pematang Purba Hangus Terbakar

Rumah Adat Simalungun di Pematang Purba Hangus Terbakar
Sipayo.com – Satu unit bangunan rumah adat etnis Simalungun (Rumah Bolon) di Nagori Pematang Purba, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun ludes dilalap si jago merah, Senin (5/6/2017) sekira pukul 8.00 WIB.

Dalam peristiwa tersebut, satu unit rumah yang dikenal sebagai rumah panglima raja pada masa kerajaan Purba hangus terbakar, sehingga kerugian diperkirakan mencapai Rp50 juta.

Dari berabagai sumber informasi yang dirangkum Sipayo.com, diketahui rumah tersebut selama ini sudah dalam keadaan kosong tanpa penghuni. Rumah yang dikenal dengan julukan ‘Jabu Utte Jungga’ terbuat dari kayu dan beratapkan ijuk.

Bangunan ‘Jabu Utte Jungga’ merupakan salah satu dari sembilan unit bangunan di Rumah Bolon Kerajaan Purba. Ukuran bangunan ini 6 x 12 meter dan letaknya berkisar 60 meter dari Rumah Bolon. Menurut informasinya, semasa kerajaan Purba, bangunan ini dulunya menjadi tempat peristirahatan tamu kerajaan dan Panglima Kerjaan Purba.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan satu unit Rumah Bolon di Pematang Purba kini sudah ditangani Polres Simalungun. Sejumlah saksi pun telah diperiksa dalam rangka menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran.