Saldo Minimal Rekening Wajib Lapor Kini Dinaikkan Jadi Rp 1 Miliar

Saldo Minimal Rekening Wajib Lapor Kini Dinaikkan Jadi Rp 1 Miliar
Sipayo.com – Berdasarkan masukan dari masyarakat dan pemangku kepentingan, kini pemerintah memutuskan untuk meningkatkan batas minimum nilai saldo rekening keungan yang wajib dilaporkan secara berkala dari semula Rp 200 juta menjadi Rp1 miliar.

“Dengan perubahan batasan minimum menjadi Rp1 miliar tersebut, maka jumlah rekening yang wajib dilaporkan adalah sekitar 496 ribu rekening atau 0,25 persen dari keseluruhan rekening yang ada di perbankan saat ini,” demikian sebagaimana dikutip dari keterangan pers Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diterima Sipayo, Kamis (8/6/2017).

Melalui siaran pers tersebut, Kemenkeu menegaskan bahwa masyarakat tidak perlu resah dan khawatir karena penyampaian informasi keuangan tersebut tidak berarti uang simpanan nasabah akan serta merta dikenakan pajak.

“Tujuan pelaporan informasi keuangan ini adalah untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap sesuai standar internasional, sehingga Indonesia dapat berpartisipasi dalam pertukaran informasi keuangan dengan negara lain,” demikian siaran pers Kemenkeu.

Selain itu, pemerintah juga menjamin kerahasiaan data masyarakat yang disampaikan lembaga keuangan kepada DPJ. Bagi petugas Direktorat Jenderal Pajak yang membocorkan rahasia Wajib Pajak atau menggunakan informasi tersebut untuk tujuan selain pemenuhan kewajiban perpajakan, dikenakan sanksi pidana sesuai UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

“Untuk menjaga kepentingan Indonesia, kita perlu membangun budaya kepatuhan pajak oleh seluruh lapisan masyarakat. Hanya dengan penerimaan pajak yang kuat, Indonesia akan mampu membangun masyarakat yang adil dan makmur,” tulis Kemenkeu dalam siaran persnya.