Tunggakan Bantuan Keuangan Provinsi Sumut ke Kabupaten Dairi Rp5,1 M

Tunggakan Bantuan Keuangan Provinsi Sumut ke Kabupaten Dairi Rp5,1 M

Foto Kantor Gubernur Sumut (Int)

Sipayo.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara masih memiliki tunggakan ke Kabupaten Dairi sebesar Rp5,1 Miliar pada tahun 2016. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Badan Pe­ngelolaan Keuangan dan Asset Kabupaten Dairi, Dekman Sitopu kepada anggota DPRD Sumut daerah pemilihan XI di ruang rapat Wakil Bupati di Sidikalang, Selasa (20/6/2017).

“Dari Bantuan Keuangan Provinsi (BKP) 2016 dengan total Rp16 Miliar, kekurangan bayar masih ada Rp5,1 Miliar. Hanya saja, uang itu tidak boleh dinyatakan sebagai piutang lantaran kategori bantuan,” ujar Sitopu.

Sitopu berharap, uang tersebut dapat direalisasikan dalam waktu segera, mengingat SKPD telah ikat kontrak dengan pengusaha terkait kegiatan dimaksud. “Untuk menanggulangi kekurangan, daerah terpaksa harus memakai dana APBD,” ujarnya.

Selanjutnya, Sitopu juga mengungkapkan bahwa bantuan dari Provinsi Sumut ke Kabupaten Dairi pada tahun 2017 belum terealisasi. “Bantuan untuk tahun 2017, belum ada direalisasi,” katanya.

Ketua tim Dapil XI, Tonni Togatorop dari fraksi Hanura mengaku kaget atas informasi itu. Berdasatkan konsultasi dengan gubernur, seluruh tunggakan ke kabupaten/kota tahun 2016 sudah tutup. Hal senada disampaikan Astrayudha Bangun dari Fraksi Gerindra dan Siti Aminah Perangin-angin serta Leonard Samosir fraksi Partai Golkar.

Menurut legislator, eksekutif melaporkan, keuangan sudah beres. Tak ada kekurangan bayar atau tunggakan. Leonard menandaskan, informasi itu akan ditindaklanjuti. Dipertanyakan pada rapat mendatang.