2019, Kereta Api Medan-Danau Toba Dibangun

2019, Kereta Api Medan-Danau Toba Dibangun

ilustrasi kereta api

Sipayo.com – Dalam rangka mendukung Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata berkelas dunia, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan rencananya akan membangun jalur kereta api dari Medan menuju Parapat untuk memangkas jarak tempuh wisatawan.

Namun, pembangunan jalur kereta api ini rencananya akan mulai dikerjakan pembangunan fisiknya pada 2019 mendatang karena masih dalam persiapan pertimbangan ketersedian lahan dan faktor geografisnya wilayahnya.

Menurut Pejabat Pembuat Komitmen Wilayah II Balai Tekhnik Kereta Api Wilayah Sumatera Bagian Utara, M Yusuf Senin (3/7), diprediksi diimulai pembangunan fisik pada 2019 mendatang, hal ini disebabkan kendala dalam membangun jalur, seperti pembebasan lahan dan kontur danau toba yang lebih tinggi hingga membutuhkan kajian teknis dilapangan, ujarnya.

Yusuf juga menuturkan jalur ini akan dibangun dimulai dari KOta Pematangsiantar menuju parapat, yang panjanya sekitar 60 KM.

“Dengan kehadiran jalur Kereta Api-Danau Toba nantinya akan memperpendek jarang tempuh menjadi hanya 3 jam saja,” tutupnya.