Ini Kata Warga Asing Terkait Aksi Nekatnya Mendaki Sinabung Saat Erupsi

Ini Kata Warga Asing Terkait Aksi Nekatnya Mendaki Sinabung Saat Erupsi

Foto: Pendaki Gunung Sinabung Saat Erupsi Tengah Berlangsung

Sipayo.com – Dua orang warga asing yang nekat mendaki Gunung Sinabung saat tengah terjadi erupsi akhir-akhir ini mendadak menjadi perbincangan hangat di sosial media. (Baca: Inilah Dua Orang yang Diduga Melakukan Pendakian Gunung Sinabung Meski Sedang Erupsi)

Banyak kalangan netizen menyayangkan aksi nekat keduanya. Sebab, jangankan mendaki ke puncak Sinabung, justru berada di zona merah atau radius 3 kilometer dari puncak gunung api itu pun sebenarnya sudah dilarang.

Terkait aksi maut yang dilakukannya, salah satu dari pendaki Sinabung yang diketahui adalah warga negara asing dengan nama akun Istagram @pixees akhirnya membuat pernyataan melalui Instagram.

“Saya tidak tau sama sekali kalau itu ilegal. Jika saya tau, pastinya saya tidak akan lakukan, dan akan menghargai petugas yang ada. Sebagian besar informasi yang saya dapat adalah setelah saya selesai melakukan pendakian tersebut, orang-orang mengatakan itu adalah zona merah dan saya melihat postingan gambar-gambar dari endro_lewa. Saya sangat tidak menyerankan siapapun untuk melakukan ini,” tulisnya dalam komentar di postingan video yang dia unggah di Instagram.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengakui aktivitas Gunung Sinabung masih tinggi masih tinggi.

Dengan tingginya aktivitas Sinabung, pihak PVMBG juga menghimbau masyarakat dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan – Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara – Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara – Timur dari puncak Gunung Sinabung.