Karang Taruna Desa Kinangkong Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong

Karang Taruna Desa Kinangkong Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong

Foto: Karang Taruna Desa Kinangkong Gelar Kegiatan Gotong Royong

Sipayo.com – Gotong royong merupakan salah satu bagian dari identitas Indonesia, sekaligus sebagai budaya adiluhung bangsa. Seiring berjalannya waktu, budaya gotong royong seolah-olah lenyap termakan waktu dengan terjangan globalisasi yang kian menjadi.

Di era globalisasi, masyarakat pada umumnya sudah terlalu asik dengan diri sendiri, setiap individu memiliki dunia masing-masing, tanpa berpikir lagi tentang lingkungan sosial dunia sekitar.

Dalam rangka membangkitkan kembali budaya gotong royong tersebut, Karang Taruna Desa Kinangkong, Kecamatan Lau Baleng, Kabupaten Karo menggelar kegiatan bersih-bersih desa, Sabtu (1/7/2017).

gotong royong di desa kinangkong

“Bergotong royong adalah satu kegiatan sosial yang sangat mulia tanpa pamrih untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dalam rangka membangkitkan kembali budaya yang telah diwariskan nenek moyang secara turun-temurun ini, maka Karang Taruna Desa Kinangkong memulai dengan cara bersih-bersih desa,” kata Ketua Karang Taruna Desa Kinangkong Mondan Tarigan.

Senada dengan Mondan, Putra Dedok Kaban selaku penggerak kegiatan juga mengatakan bahwa budaya gotong-royong memang sudah seharusnya dibangkitkan kembali dalam diri generasi muda.

“Gotong royong ini menjadi kebudayaan Bangsa Indonesia, rasanya belum lengkap kita hidup layaknya bangsa besar ini kalau hidup kita sebagai generasi muda hanya beroreintasi dari sisi individu tanpa menganggap penting gotong royong,” ujarnya.

Baik Mondan dan Putra, keduanya sama-sama ingin kembali membangkitkan budaya gotong royong di desa mereka, dan hal itu akan dimulai dari kegiatan kebersihan desa yang telah digelar hari ini.