Mantap! Rumah Adat Batak Segera Akan Dibangun di Lampung

Mantap! Rumah Adat Batak Segera Akan Dibangun di Lampung

Foto: Ilustrasi Rumah Adat Batak

Sipayo.com – Masyarakat Batak di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Pringsewu dalam waktu dekat tampaknya akan memiliki rumah adat Batak atau Rumah Bolon. Setidaknya, itulah janji Bupati kepada masyarakat Batak di daerah tersebut.

Pasalnya, pada saat menghadiri pelantikan pengurus Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) di GOR Mini Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Bupati Pringsewu Sujadi berjanji akan membangun Rumah Bolon dalam 5 tahun kepemimpinannya di periode ke II ini.

Menurut Sujadi, Rumah adat Batak akan dijadikan sebuah potensi wisata seni budaya di daerah tersebut. “Mudah-mudahan selama 5 tahun ini akan kita bangun. Kerabat tinggal menyiapkan lahannya. Nanti kita bisa ketuk anggaran untuk bangun rumah Batak sebagai potensi wisata,” kata Sujadi, Sabtu (22/7/2017).

Sujadi menambahkan, Kerabat yang sudha dilantik tentunya dapat segera menyusun program kerja selama 5 tahun kedepan. Dengan hal itu, diharapkan setiap program Kerabat Pringsewu dapat bersinergi dengan program pembangunan yang dicanankan pemkab setempat.

“Tidak hanya dengan pemerintah, tetapi dengan semua suku etnis harus bersatu. Bersama membangun Pringsewu. Persatuan menjadi kunci pembangunan sosial, ekonomi dan budaya,” kata Bupati melanjutkan.

Bupati juga turut meminta, agar masyarakat Batak turut berpartisipasi pada HUT Kabupaten Pringsewu, dengan menampilkan kesenian budaya khas Batak. Seperti penampilan patung sigale-gale, yakni patung yang bisa digerakkan menari tor-tor.

“Bila perlu aslinya (dari Toba) turut dibawa kesini, nanti kita tampilkan saat HUT. Saya sudah pernah lihat patung Sigale-gale yang dapat menari tor-tor,” ujar Bupati.