Profesor asal Karo yang Dikenal Sebagai Printis Jurusan Kimia Unpad Tutup Usia

Profesor asal Karo yang Dikenal Sebagai Printis Jurusan Kimia Unpad Tutup Usia

Foto: Profesor Perintis Jurusan Kimia Unpad Semasa Hidup

Sipayo.com – Perintis program Studi Kimia sekaligus guru besar purnabakti Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Padjajadjaran, Prof. Dr. Ponis Tarigan, Apt tutup usia pada usia 81 tahun, Senin (10/7/2017) di Rumah Sakit Santo Borromeus, Bandung.

Dalam rangka mengenang Profesor yang telah banyak berjasa di FMIPA Universitas Padjajaran ini, segenap civitas akademika Unpad dipimpin langsung oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad telah memberikan penghormatan terakhir jenazah yang bertempat di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad, Jl. Dipati Ukur No.35, Bandung.

Profesor Ponis Tarigan merupakan sosok putra asal Tanah Karo, kelahiran Juhar, 2 Maret 1936. Ia meninggalkan seorang istri, Yanasari Br Sembiring dan empat orang anak, yaitu dr. Prima Artha Tarigan, Ir. Antonius Tarigan, Ir. Hera Sushanti Br Tarigan, dan dr. Helen Christin Br Tarigan.

Usai pelepasan jenazah oleh civitas akademika Unpad, jenazah kemudian dibawa ke rumah duka di Jl. Sekeloa Selatan II 3-B Bandung dan akan dimakamkan besok, Selasa (11/7/2017) di Pemakaman San Diego Hill, Karawang.

Pada masa mudanya, almarhum menyelesaikan pendidikan S1 dari Farmasi FMIPA Unpad (angkatan 1968) dan melanjutkan ke jenjang S2 di bidang kimia di RU Utrech, Belanda pada tahun 1972. Sementara geral Doktoral diraihnya dari FMIPA Unpada pada tahun 1980 dan menempuh

Almarhum menyelesaikan pendidikan S1 dari Farmasi FMIPA Unpad (angkatan 1968) dan melanjutkan ke jenjang S2 di bidang Kimia di RU Utrech, Belanda pada tahun 1972. Sementara gelar Doktoral diraihnya di FMIPA Unpad pada tahun 1980 dan menempuh postdoctoral Research on Microbial Bioconversion IPCR-Wako-Shi, Jepang pada tahun 1981.

Selama hidupnya almarhum pernah merintis Program Studi Kimia di FMIPA Unpad untuk jenjang S1 hingga S-3. Almarhum juga pernah dianugerahi penghargaan Satya Karya Bakti 25 Tahun dari Unpad pada tahun 1985 dan Satyalancana Karya Satya Kelas II dari Presiden RI tahun 1992. Selamat jalan Profesor…