Wow! Abu Vulkanik Gunung Sinabung Kembali Selimuti Medan dan Deliserdang

Wow! Abu Vulkanik Gunung Sinabung Kembali Selimuti Medan dan Deliserdang

Foto: Erupsi Gunung Sinabung

Sipayo.com – Erupsi Gunung Sinabung kembali terjadi, tepatnya pada Kamis (27/7/2017) pagi dan siang hari. Erupsi ini menyemburkan abu vulkanik setinggi 2,8 kilometer yang mengarah ke sektor timur-tenggara.

Tiupan angin yang cukup kencang, membuat abu vulkanik terbawa hingga ke kota Medan dan Deliserdang, yang berjarak sekitar 80 kilometer dari puncak Gunung Sinabung yang terdapat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Sebagaimana pantauan sipayo.com, hujan abu vulkanik mulai terlihat turun di kota Medan sejak pukul 12.00 WIB dan masih terus berlangsung hingga sore, sekitar pukul 15.10 WIB. Abu vulkanik ini hampir merata turun diseluruh wilayah kota Medan.

Akibat hujan abu vulkanik, gedung, rumah, dan kendaraan bermotor turut terkena dampak. Bahkan abu juga terlihat menempel di tubuh pengendara dan pejalan kaki.

“Abu vulkanik biasanya turun di Namorambe (Deliserdang). Tapi hari ini abunya tebal. Tadi abunya sempat kena mata saya, sangat perih,” ujar warga Kota Medan bernama Herdiansyah (40).

Terpisah, Manajer Pusdalops BPBD Kota Medan, Muhammad Yunus mengimbau agar warga waspada terhadap abu vulkanik yang turun.

“Laporan dari warga mengatakan abu turun. Saya cek belum tebal. Kita waspadai abu tersebut karena jika terkena mata bisa sakit,” jelas Yunus.