Arya Sinulingga Jadi Narasumber di Program Studi Komunikasi Diploma IPB

Arya Sinulingga Jadi Narasumber di Program Studi Komunikasi Diploma IPB

Foto: Pembicara Kegiatan Lokakarya di IPB

Sipayo.com – Direktur Pemberitaan MNC Media, Arya Sinulingga menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Lokakarya Persiapan Sekolah Vokasi dan Penyusunan Rancangan Pembelajaran Satu Semester (RPPS) yang digelar Program Studi Komunikasi Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor, 14-16 Agustus 2017.

Kegiatan Lokakarya yang diikuti seluruh dosen Program Studi Komunikasi Diploma IPB ini diselenggarakan di Gedung Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Kampus IPB, Bogor, Jawa Barat.

Pada hari pertama kegiatan, Senin (14/8/2017) diundang sejumlah pakar yang menjadi pembicara yang terdiri dari praktisi akademisi dan praktisi industri media, salah satu pakar yang menjadi pembicara adalah Arya Sinulingga.

Dalam kesempatan tersebut, Arya Sinulingga memaparkan mengenai kebutuhan tenaga kerja atau lulusan yang siap bekerja dengan kemampuan dan keterampilan yang sesuai harapan industri media sebagai pengguna lulusan.

“Terlalu banyak pemborosan baik uang, waktu dan sumber daya lain, ketika tidak terjadi link and match antara industri dan perguruan tinggi, karena perguruan tinggi tidak memberi pembelajaran yang dibutuhkan ketika mahasiswa memasuki industri, disisi lain akhirnya industri terpaksa harus memberi lagi training dasar kepada karyawan yang fresh graduate, karena mereka tidak bisa langsung siap kerja,” ujar Arya Sinulingga dalam pemaparannya.

Selanjutnya, Arya turut menyoroti dampak, bahwa banyak lulusan perguruan tinggi yang tidak masuk dunia kerja sesuai dengan apa yang mereka pelajari di kampusnya. “Ternyata apa yang dialami industri media, juga dialami  oleh kawan-kawan di industri infrastruktur dan mungkin industri lain,” ujar Arya.

Arya menambahkan, sudah perlu dilakukan perubahan besar untuk Indonesia, khususnya dalam dunia pendidikan. Hal tersebut menurut Arya penting, agar negara ini cepat maju dan berkembang, serta tidak menyianyiakan banyak resource.

Selain Arya Sinulingga, pada hari pertama kegiatan ini turut mengundang 4 narasumber lainnya, diantaranya Praktisi Digital Andi Primaretha, Ketua Program Studi Doktor Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran Dr Atwar Bajari, Redaktur Senior Harian Republika Irwan Kelana, dan Direktur Account & Business Development Dwisapta Tanty Dewi Permassanty.