Bupati Karo Resmikan Jambur di Desa Kuta Gugung Kecamatan Juhar

Bupati Karo Resmikan Jambur di Desa Kuta Gugung Kecamatan Juhar

Foto: Bupati Karo Resmikan Jambur di Desa Kuta Gugung

Sipayo.com – Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH meresmikan jambur di Desa Kuta Gugung, Kecamatan Juhar, pada Jumat (18/8/2017) pukul 20.00 WIB kemarin.

Dalam peresmian jambur tersebut turut hadir anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Siti Aminah Perangin-angin, Anggota DPRD Kabupaten Karo Iriani br Tarigan, Plt Kepala Bappeda Kabupaten Karo Abel Tarwei Tarigan, Kadis Pertanian Sarjana Purba, Plt Kadis PMD Nasib Sianturi, Camat Juhar Frans Leonardo Surbakti SSTP.

Kepala Desa Kuta Gugung Edas Tarigan dan Masyarakat menyambut baik kedatangan Bupati Karo dalam peresmian jambur Desa Kuta Gugung tersebut.

Dalam amanat Bupati Karo pada peresmian jambur Desa Kuta Gugung yang telah selesai dibangun dengan Anggaran Dana Desa (ADD) dihadapan Muspika Kecamatan Juhar dan masyarakat menyampaikan agar jambur ini dapat dipergunakan sebaik baiknya karena jambur adalah tempat sakral untuk berkumpul (pulung), musyawarah (runggu) untuk acara-acara adat ,dan tempat melaksanakan kegiatan yang baik.

“Jangan ada orang yang berkumpul di jambur ini untuk kegiatan yang meresahkan masyarakat, misalnya bermain judi, tempat menulis togel , serta tempat mabuk-mabukan minuman keras dan beralkohol.” Ujar Bupati Karo

Bupati Karo berharap sesuai kearifan lokal Merga si 5, Rakut si 3, Tutur si 8, Perkade- kaden si 12 + 1, maka jambur Kuta Gugung ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dirawat seindah mungkin serta dijaga kebersihannya, karena jambur merupakan suatu wadah tempat berkumpulnya masyarakat desa untuk saling musyawarah.

“Selamat menikmati Jambur Baru semoga kedepan dengan adanya Jambur ini tali persaudaraan kita semakin dekat sehingga jiwa kekeluargaan dapat terjaga dengan baik bagi warga Desa Kuta Gugung Kecamatan Juhar, dan tetap jaga keakraban.” Ungkap Bupati Karo dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Jambur Kuta Gugung.