Dilarang Masuk Gedung DPRD Sumut, Ratusan Warga Lau Cih Yang Berunjuk Rasa Mengamuk

Dilarang Masuk Gedung DPRD Sumut, Ratusan Warga Lau Cih Yang Berunjuk Rasa Mengamuk

Masyarakat lau cih saat berdemontrasi  (istimewa)

Sipayo.com – Masyarakat Desa Lau Cih, Deliserdang kembali menggelar aksi demontrasi didepan gedung DPRD Sumut Senin (7/8) untuk memperjuangkan tanah ulayat yang dklaim PTPN 2 merupakan lahan milik perusahaan milik negara tersebut.

Namun, aksi yang awalnya berlangsung damai ini sempat berlangsung ricuh. Hal ini disebabkan para pengunjuk rasa yang hendak masuk kedalam gedung DPRD Sumut namun tidak di ijinkan oleh pihak keamanan.

Dilarang masuk, memicu kemarahan warga desa Lau Cih kerena mereka hendak mengambil bekal makan siang mereka yang ada dihalaman Gedung DPRDSU.

Hal ini memicu perdebatan antara massa dengan petugas keamanan yang berjaga di halaman gedung DPRDSU. Namun situasi kembali kondusif karena kedua belah pihak mencoba menenangkan diri.

Sebelumnya ratusan warga desa Lau Cih berunjuk rasa di Kantor DPRD Sumut dengan melakukan long march dari Bundaran Sib di Jalan Gatot Subroto, Medan.

Dalam orasinya, massa meminta pihak PTPN bersama dengan TNI Polri yang ada dilokasi lahan sengketa segera angkat kaki karena sesuai dengan hasil RDP dengan Komisi A DPRDSU tanggal 1 Agustus lalu tidak ada pihak yang boleh beroperasi dilahan sengketa sebelum Komisi A DPRD Sumut turun ke lokasi sengketa tanggal 15 Agustus mendatang.