Effendi Simbolon dan Arya Sinulingga, Pasangan Ideal di Pilgub Sumut 2018

Effendi Simbolon dan Arya Sinulingga, Pasangan Ideal di Pilgub Sumut 2018

Foto: Effendi Simbolon dan Arya Sinulingga

Sipayo.com – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendi Simbolon kembali senter digadang-gadang akan maju dalam gelaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut tahun 2018 mendatang.

Kabar tersebut kian menguat, seiring pertemuan antara Effendi dan Komunitas Citizen Lawsuit Sumatera Utara yang digelar di Medan Club, Medan, Rabu (30/8/2017) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, mantan calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) periode 2013-2018 ini menyampaikan sinyal bakal kembali bertarung dalam kancah Pilgubsu 2018.

Effendi pun mengaku, sejak 3-4 tahun belakangan ini dirinya intens melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat Sumut. Hasilnya, banyak aspirasi dari masyarakat yang memintanya kembali maju menjadi calon Gubernur Sumatera Utara.

“Ini semuanya kembali berpulang lagi, karena saya hanya menjadi bagian dari kader partai dan tidak bisa menentukan sendiri,” kata Effendi.

Effendi memang berpotensi memenangkan pertarungan Pilgubsu 2018, mengingat dirinya sudah cukup familiar dikenal oleh masyarakat Sumut karena pernah maju sebagai Cagubsu pada tahun 2013 lalu.

Faktor lain yang turut menjadi pendukung adalah dari sisi partai. Sebagai kader PDIP yang memiliki 16 kursi di DPRD Sumut, artinya Effendi tidak akan kesulitan mencari dukungan apabila benar-benar diberi tiket maju oleh partai berlogo benteng gemuk bermoncong putih tersebut.

Sementara itu, akan menjadi menarik ketika Effendi Simbolon menggandeng Arya Sinulingga sebagai wakilnya pada perhelatan Pilgubsu Sumut 2018.

Hal tersebut berkaitan dengan apa yang disampaikan oleh Pengamat Politik Universitas Paramadina, Hendry Satrio, beberapa waktu yang lalu.

Dalam pernyataanya yang banyak diberitakan media nasional, Hendry menyebut sosok Arya Sinulingga adalah sebagai kartu ‘joker’ bila positif maju sebagai salah satu calon kandidat gubernur di ajang Pilkada Sumatara Utara 2018. Artinya siapa pun yang berpasangan dengan dia memiliki peluang besar untuk memenangkan Pilkada Sumut

“Arya adalah pribadi yang cukup populer di tengah-tengah masyarakat Karo terlebih dirinya aktif memperjuangkan kepentingan masyarakat Karo, selain juga sangat kuat di media,” ujar Hendri.

Pasangan Effendi Simbolon dan Arya Sinulingga semakin ideal, mengingat kedua sosok ini berasal dari wilayah dataran tinggi di Sumatera Utara yang memiliki basis masyarakat Batak dan Karo.

Adapun beberapa calon lain yang digadang-gadang bakal maju dalam bursa Pilgubsu 2018 merupakan bakal calon pasangan yang umumnya berasal dari wilayah pesisir Sumatera Utara.