Kunjungi Karo, Kapolda Sumut : Protap Tetap Dijalankan, Bandar Narkoba Tembak Mati

Kunjungi Karo, Kapolda Sumut : Protap Tetap Dijalankan, Bandar Narkoba Tembak Mati

Foto: Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw saat mengunjungi posko pengungsian Sinabung (ebp)

Sipayo.com – Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw menegaskan protap tetap dijalankan menembak mati bandar narkoba, apalagi jika terdeteksi memiliki hubungan jaringan sindikat internasional.

“Protapnya masih tetap dijalankan dan terukur. Bagi bandar narkoba tembak mati di tempat. Ini sudah tegas kepada anggota. Bandar-bandar itu yang mereka pikirkan hanya keuntungan dan uang. Mereka tidak pernah memikirkan dampak perbuatan mereka terhadap generasi muda,” kata Paulus pada saat wawancara dengan wartawan di Posko Gedung KNPI di Jalan Pahlawan Kabanjahe, Sabtu (5/8) disela-sela kunjungan kerja ke Mapolres Karo.

Menurutnya, banyak juga laporan tentang narkoba di Kabupaten Karo. “Narkoba musuh kita bersama. Ini tugas kita bersama untuk memberantas narkoba dan mengungkap jaringan narkoba di daerah ini dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah, tokoh agama, serta lapisan masyarakat lainnya,”katanya.

Jenderal bintang dua itu merasa prihatin atas pengungsi yang masih berada di posko-posko pengungsian. Karena itu, katanya, ia mengintruksikan kepada Kapolres Karo AKBP Rio Nababan SH SIK dengan didukung Bupati Karo untuk menata kebersihan setiap posko-posko.

“Saya lihat tadi di posko pengungsian di KNPI ini, jumlah pengungsi padat, tata lingkungan kurang bersih dan dapur umum perlu ditata. Sebab kebersihan penting, apalagi banyak anak-anak yang tinggal di sini. Personil Brimob akan di BKO bersama petugas Polres Karo bekerja sama dengan Pemkab Karo untuk menata posko pengungsi Gedung KNPI,”ungkapnya.
Kunjungan Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw ke Karo diawali di Markas Bataliyon 125 Simbisa dengan mengenakan helikopter,Sabtu (5/8/) bekisar pukul 11.30 Wib.

Ia didampingi seorang pejabat dari Mabes Polri Kombes Pol Ricky F Wakanno yang juga Mantan Kapolres Karo dan sejumlah pejabat teras Poldasu. Rombongan disambut Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kapolres Karo AKBP Rio Nababan SH SIK, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu.

Selanjutnya Kapolda Sumut bersama rombongan menuju posko Simpang Enam GBKP dan kemudian dilanjutkan ke posko pengungsian Gedung KNPI. Pada kesempatan itu Kapolda Sumut memberikan bantuan kepada pengungsi berupa gula pasir 10.500 Kg, beras 17.250 kg, minyak goreng 8000 liteer dan aqua.

Selanjutnya Kapolda Sumut berkunjung ke Mapolres Karo. Ia bersama istri disambut dengan pengalungan bunga oleh siswa TK Bhayangkari dan atraksi drum band SMP Bhayangkari serta tarian tradisi gundala-gunda. (ebp)