Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Sadar Hukum Digelar di Kutambelin

Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Sadar Hukum Digelar di Kutambelin

Foto: Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Sadar Hukum di Kutambelin

Sipayo.com – Perangkat Desa Kutambelin, Kecamatan Laubaleng, Kabupaten Karo, menggelar sosialisasi bahaya narkoba dan sadar hukum yang diikuti puluhan masyarakat setempat, Senin (14/8/2017) kemarin.

Sosialisasi ini dihadiri oleh beberapa narasumber, diantaranya Camat Laubaleng Asmoni Peranginangin, Kapolsek Laubaleng, Danramil Laubaleng, dan pihak Kejaksaan dari Tigabinanga.

Menurut keterangan Tokoh Pemuda Desa Kutambelin, Riski Surbakti kegiatan seminar ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya penggunaan narkotika dan obat-obat terlarang, sekaligus meningkatkan rasa sadar hukum ditengah-tengah masyarakat desa.

“Dalam seminar ini, Kapolsek Laubaleng berpesan akan menindak tegas barang siapa yang tertangkap terlibat dalam peredaran narkoba. Mereka yang tertangkap akan ditandak secara tegas sesuai undang-undang yang berlaku,” ujar Riski menirukan pernyataan Kapolsek dalam seminar tersebut.

Riski menambahkan, sosialisasi sadar hukum dibawakan oleh Ajari Tarigan. “Pemateri memberikan penjelasan betapa pentingnya kesadaran hukum masyarakat pedesaan. Selain itu, pak Tarigan juga turut menyampaikan tentang perlindungan anak, dimana orang tua diingatkan tentang apa saja yang menjadi hak anak tersebut,” ujar Riski.

Respon masyarakat terkait sosialisasi ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat Desa Kutambelin. “Sosialisasi atau seminar ini sangat penting sekali bila dilakukan secara rutin di desa-desa se Kabupaten Karo,” tutup Riski.