Ada Penolakan Pemutaran Film G 30 S PKI, Begini Tanggapan Panglima TNI

Ada Penolakan Pemutaran Film G 30 S PKI, Begini Tanggapan Panglima TNI

Foto: Panglima TNI Gatot Nurmantyo

Sipayo.com – Sejumlah ormas disebut-sebut memprotes rencana pemutaran film G 30 S PKI pada 30 September 2017 mendatang. Terkait protes tersebut, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pun angkat bicara.

Menurut Panglima TNI, tujuan instruksi kepada jajarannya untuk melaksanakan pemutaran film G 30 S PKI tidak lain hanya untuk mengingat sejarah bangsa Indonesia.

“Tujuan pemutaran film G 30 S PKI itu adalah untuk mengingatkan generasi muda tentang sejarah bangsa. Penting mengajak generasi muda membaca sejarah,” ujar Jenderal Gatot Nurmantyo saat ziarah ke makam Bung Karno, Kota Blitar, dalam rangka hari jadi TNI ke-72, Senin (18/9/2017).

Terkait banyaknya ormas yang memprotes pemutaran film tersebut, Gatot Nurmantyo menegaskan jika yang berhak melarang hanya pemerintah. Bahkan Menteri Dalam Negeri juga sudah memberikan lampu hijau terkait hal itu.

“Emang saya pikirin, Mendagri saja sudah bilang silakan. Mau jadi apa bangsa ini jika kita tidak boleh menceritakan sejarah,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, di era Orde Baru, film G30S/PKI wajib diputarkan dan ditonton di televisi tiap 30 September. Seluruh sekolah juga mengharuskan murid-muridnya menonton film tersebut. Namun pada 1998 lalu, bersamaan dengan lengsernya kekuasaan Orde Baru, peraturan tersebut dihapus.