Banjir di Nias Utara Putuskan Akses Transportasi

Banjir di Nias Utara Putuskan Akses Transportasi

Foto: Ilustrasi Banjir di Nias Utara

Sipayo.com – Hujan deras yang mengguyur Nias Utara, mengakibatkan sejumlah lokasi terendam banjir. Akibatnya, arus transportasi penghubung kabupaten Nias Utara, Gunung Sitoli, atau sebaliknya lumpuh total. Ketinggian air mencapai satu meter lebih.

Hujan deras yang cukup tinggi mengguyur Kabupaten Nisa Utara, sejak kemarin hingga selasa siang. Akibatnya, arus sungai ehou dan sungai lotu meluap.

Selain merendam arus jalan di Kabupaten Nias Utara, banjir juga merendam permukiman dan persawahan warga. Sejumlah warga terpaksa mengeluarkan sejumlah uang untuk membayar warga mengangkat kendaraan miliknya ke seberang jalan. Warga mengaku, wilayah ini sudah menjadi langganan banjir, dan belum pernah tersentuh pemerintah Kabupaten Nias Utara.

Hujan sejak senin malam, telah merendam rumah warga setinggi satu meter. Para pengguna jalan pun kesulitan untuk melintas ruas jalan yang terendam banjir. Untuk membantu warga, badan penanggulangan bencana daerah Kabupaten Nias Utara, hanya menyediakan satu unit perahu karet untuk membantu penyeberangan warga.