Kabupaten Pakpak Bharat Gelar Pesta Budaya Oang-Oang 2017

Kabupaten Pakpak Bharat Gelar Pesta Budaya Oang-Oang 2017

Foto: Pegelaran Pesta Budaya Oang-Oang 2017

Sipayo.com – Kabupaten Pakpak Bharat resmi menggelar Pesta Oang-Oang, yang digelar pada tanggal 6-7 September 2017. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Pakpak Bharat, DR Remigo Yolando Berutu M.Fin di Stadion Napasengkut Kecamatan Salak.

Acara ini berlangsung semarak dengan kehadiran seluruh SKPD, DPRD dan OPD di jajaran Pemkab Pakpak Bharat, serta ribuan masyarakat yang datang dari berbagai penjuru daerah.

Pesta Oang-Oang ini merupakan even tahunan yang sudah masuk jadwal kalender event nasional (Calendar Of Event Lake Toba 2017). Pesta Oang-Oang sendiri diambil dari kata “oang”, yaitu sebuah ujaran kegembiraan dan menjadi yel yel masyarakat Pakpak saat mengadakan pesta dengan nuansa menyenangkan, semisal menanda tahun (pesta saat mengawali musim tanam di awal tahun) ataupun mardang (dimulainya saat menanam padi).

Umumnya Pesta Oang-Oang berlangsung 2 hari berturut turut, karena selain event pesta dan hiburan, juga dilakukan berbagai perlombaan, seperti lomba Parsinabul (protokol adat), Mangoji Nahu (menguji kepintaran atau cerdas cermat), lomba vokal grup, dan juga lomba musik tradisional.

Wilson Manalu sebagai masyarakat setempat mengapresiasi Pesta Onang-Onag ini, selain memang berprofesi sebagai pedang keliling, Wilson juga merupakan masyarakat asli Pakpak Bharat.

“Saya sangat senang dengan adanya acara seperti ini. Selain terhibur, masyarakat juga bisa mengais rejeki di sini walaupun hanya 2 hari kan lumayan buat tambahan penghasilan. Saya sangat banggalah dengan kinerja pemerintah disini, bangga sama pak Bupati Remigo,” ujarnya.

Kadis Pariwisata Pakpak Bharat Drs Bambang Sunarjo Banurea sekaligus Ketua Panitia Pesta Oang-Oang ini mengatakan kegiatan ini menargetkan 5000 pengunjung, baik dari masyarakat setempat maupun dari luar daerah.

“Kita targetkan pengunjung mencapai 5000 orang, baik dari masyarakat setempat maupun dari luar daerah. Terget ini kiranya dapat terwujud mengingat panitia sudah menyebar undangan ke Provinsi juga ke kabupaten-kabupaten lain,” ujarnya.

Acara Puncak Pesta Oang-Oang ini diadakan pada hari terakhir , berupa karnaval keliling kota yang berakhir di Lapangan Napasengkut.