Limbah Dari Kim Rusak Ratusan Hektar Sawah di Medan Labuhan

Limbah Dari Kim Rusak Ratusan Hektar Sawah di Medan Labuhan

Foto: Ilustrasi Limbah KIM (Int)

Sipayo.com – Ratusan hektar tanaman padi di Pulau Rimau Paya Bakung, Kelurahan Martubung, Medan Labuhan, mengalami kerusakan dan gosong yang diduga akibat terdampak limbah dari industri yang beroperasi di Kawasan Industri Medan (KIM).

Limbah yang berwarna hitam dan berbau busuk menyengat ini, masuk ke lahan persawahan petani melalui parit belanda atau parit busuk. Parit ini melintang di tengah persawahan, mulai dari Kawasan Industri Medan atau KIM, hingga ke sungai mati, di Kecamatan Medan Labuhan.

Diduga akibat terdampak limbah industri, hasil panen petani menjadi kurang bagus. Bulir padi banyak yang gosong, meskipun pohonnya terlihat tumbuh bagus.

Para petani di Pulau Rimau Paya Bakung, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, berharap, pengelola KIM segera membenahi pembuangan limbah mereka, serta mengawasi pabrik di KIM agar tidak sembarangan membuang limbahnya.

Memang jika musim hujan dan pasang air laut, air dari dalam parit akan meluber melewati benteng yang sudah rendah dan bocor, akibat sudah lama tidak dirawat atau diperbaiki perusahaan BUMN, atau Badan Usaha Milik Negara tersebut.