Nelayan Pantai Cermin Gelar Unjuk Rasa Protes Pengerukan Pasir

Nelayan Pantai Cermin Gelar Unjuk Rasa Protes Pengerukan Pasir

Foto: Nelayan Gelar Unjuk Rasa

Sipayo.com – Ratusan nelayan di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Kamis (6/9/2017) siang kemarin, menggelar unjuk rasa, di depan Kantor Kementerian Perhubungan Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Pantai Cermin.

Para nelayan ini, menuntut pencabutan izin penambangan pasir laut, di lepas Pantai Cermin yang dianggap merusak ekosistem di laut, serta mengganggu lahan pencarian ikan, tempat para nelayan mencari nafkah.

Para nelayan Pantai Cermin yang kesal ini, nekat memblokade pintu masuk Kantor Unit Pelayanan Kementerian Perhubungan Laut Pantai Cermin.

Mereka kesal, karena pengerukan pasir laut ini, sudah beroperasi selama sebulan terakhir. Kegiatan ini dianggap merusak ekosistem laut dengan menyedot pasir laut, namun pihak perhubungan laut hanya tutup mata.

Sambil membentangkan spanduk dan poster, yang berisikan penolakan terhadap kegiatan pengerukan pasir laut, di perairan Pantai Cermin ini, para nelayan juga menyampaikan orasinya. Mereka meminta pejabat terkait untuk menghentikan operasional pengerukan pasir laut yang sedang berlangsung.

Aksi unjuk rasa ratusan nelayan ini, mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian dari Polsek Pantai Cermin. Petugas Kepolisian melakukan pengamanan di depan pagar kantor, sambil berjaga-jaga agar masa tidak bertindak anarkis, karena dalam unjuk rasa ini, juga terdengar warga mengancam akan membakar kantor unit penyelenggara pelabuhan Pantai Cermin.

Para nelayan akhirnya membubarkan diri, setelah pihak perhubungan laut berjanji, akan menghentikan pengerukan pasir, untuk sementara waktu. Massa juga mengancam tidak akan meninggalkan lokasi hingga tuntutan mereka dipenuhi.