Ratusan Rumah di 5 Kecamatan Asahan Terendam Banjir

Ratusan Rumah di 5 Kecamatan Asahan Terendam Banjir

Foto: Ilustrasi Banjir di Kecamatan Asahan

Sipayo.com – Sedikitnya ratusan unit rumah, di lima kecamatan, di kabupaten Asahan, terendam banjir kiriman dari luapan air sungai Silo, Asahan. Debit air meningkat karena curah hujan yang cukup tinggi. Meski petugas sudah mendirikan posko pengungsian, warga memilih bertahan di dalam rumah.

Kecamatan yang terendam banjir adalah, Kecamatan Setia Janji, Buntu Pane, Tinggi Raja, Pulo Bandring, Serta Aek Ledong, mengalami banjir di beberapa titik, setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Ratusan rumah yang terendam banjir, akibat luapan sungai Silo, Asahan, yang tidak mampu menampung debit air yang meluap. Ketinggian air diperkirakan mencapai 40 senti hingga 100 meter lebih, tergantung tingginya daratan di lokasi.

Puluhan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD Kabupaten Asahan, serta beberapa relawan tanggap darurat bencanca, diterjunkan ke lokasi banjir, untuk membantu evakuasi warga dan memberikan pertolongan kepada warga.

Untuk mengantisipasi banjir susulan, petugas BPBD Asahan telah menyiapkan posko pengungsian dan menyediakan logistik, dan posko kesehatan gratis bagi warga yang ingin berobat.

Diwilayah Kabupaten Asahan sendiri, curuah hujan semakin tinggi sejak tiga minggu terkahir. Tidak hanya itu, rumah ibadah dan Kantor Camat Buntu Pane, juga terendam banjir.