Sedikitnya 5 Desa Terendam Banjir di Kabupaten Asahan

Sedikitnya 5 Desa Terendam Banjir di Kabupaten Asahan

Foto: Ilustrasi Banjir di Kabupaten Asahan

Sipayo.com – Akibat curah hujan yang cukup tinggi dalam dua hari ini. Sebanyak lima desa, di tiga kecamatan, di wilayah Kabupaten Asahan, terendam banjir setinggi satu hingga dua meter. Sebagian warga sudah ada yang mengungsi ke rumah keluarga, namun sebagian besar masih bertahan di rumah masing-masing, sambil menjaga harta benda mereka.

Banjir setinggi satu hingga dua meter ini merendam dusan tiga, desa Sei Dadap Tiga Empat, Kecamatan Sei Dadap, Senin pagi. Sedikitnya ada 5 desa yang terendam banjir. Yakni, Desa Sei Dadap 3 dan 4, Desa Piasa Ulu, Desa Terusan Tengah, Desa Sei Silu Tua, Desa Setia Janji, yang berdada di tiga kecamatan, di wilayah Kabupaten Asahan.

Banjir yang merendam rumah warga di dusun ini, akibat tingginya curah hujan sejak dua hari terakhir, dan belum adanya normalisasi aliran aliran parit sungai kecil di wilayah tersebut. Banjir juga merendam akses jalan umum, yang membuat aktivitas warga sekitar lumpuh total. Sebagian anak-anak yang seharusnya bersekolah, terpaksa bolos kerena akses jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Sebagian warga yang rumahnya terendam air, terpaksa mengungsi ke rumah keluarga mereka yang tidak jauh dari lokasi.

Untuk mengantisipasi banjir semakin tinggi, petugas Badan Penanggulangan Bancana Daerah Kabupaten Asahan, sudah disiagakan di lokasi banjir.

Pemerintah setempat juga sudah mendirikan posko pengungsian bagi warga, serta menyiapkan kebutuhan makanan, serta mendirikan posko kesehatan bagi warga yang terserang penyakit.