Warga Taput Heboh Dengan Penemuan Bunga Bangkai Setinggi 1 Meter

Warga Taput Heboh Dengan Penemuan Bunga Bangkai Setinggi 1 Meter

Foto: Bunga Bangkai di Tapanuli Utara

Sipayo.com – Penemuan bunga bangkai yang diperkirakan jenis bunga langka raksasa dengan nama latin Amorphophallus titanium atau titan arum, membuat warga masyarakat Dusun Ramba Siala, Desa Lontung Jae I, Kecamatan Garoga, Tapanuli Utara (Taput), jadi heboh.

Bunga tersebut ditemukan dalam keadaan masih kuncup dengan ketinggian sekitar 1 meter. “Keberadaanya pertama kali diketahui berdasarkan informasi warga. Setelah turun ke lokasi, berdasarkan ciri yang dimiliki, kita yakin bahwa bunga tersebut merupakan bunga bangkai, ” kata penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Gorga, Erwin Situmeang kepada wartawan, Kamis (21/9/2017).

Lokasi tumbuhnya bunga bangkai tersebut berada di atas lahan perladangan warga bermarga Ritonga, dengan posisi kemiringan tanah sekitar 50-60 derajat.

Erwin menambahkan, lokasi ditemukannya bunga bangkai itu dapat ditempuh dalam waktu 25 menit dari pusat Kecamatan Garoga. “Lokasinya mudah dicapai dari pusat kecamatan, hanya memakan waktu tempuh sekitar 10 menit dengan kenderaan roda dua, dan dilanjutkan berjalan kaki sekitar 15 menit,” terangnya.

Disebutkan, selain bunga bangkai kuncup tersebut, di sekitar lokasi juga terdapat sejumlah pohon bunga bangkai yang diyakini merupakan hasil pertumbuhan bunga dari fase vegetatif atau aseksual. Dimana di atas umbi yang muncul setelah bunga tersebut layu dan mati akan muncul batang tunggal yang memiliki banyak daun.

“Berjarak sekitar 8-10 meter dari lokasi tumbuhnya bunga langka tersebut, kita juga dapat menemukan sejumlah pohon bunga bangkai menyerupai pohon pepaya,” sebutnya.