Bupati Karo Tinjau Irigasi Rusak Terdampak Laharan Gunung Sinabung

Bupati Karo Tinjau Irigasi Rusak Terdampak Laharan Gunung Sinabung

Foto: Bupati Karo Tinjau Irigasi Rusak Terdampak Lahar Gunung Sinabung

Sipayo.com – Menindak lanjuti keluhan masyarakat tentang saluran irigasi yang rusak yang mengakibatkan masyarakat tidak dapat bercocok tanam, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH tinjau langsung bendungan saluran irigasi yang rusak dan tidak berfungsi lagi akibat banjir lahar dingin Gunung Sinabung yang terletak di Desa Perbaji, Kecamatan Tiganderket pada Rabu (18/10)

Bendungan saluran irigasi yang berhulu di Desa Perbaji ini kering, hancur dan tidak dapat berfungsi lagi dikarenakan dampak terjangan banjir lahar dingin Gunung Sinabung yang terus mengaliri Sungai Borus sehingga membuat dasar sungai ini menjadi lebih dalam, mengakibatkan saluran irigasi menjadi kering karena tidak sejajar lagi dengan aliran sungai.

Akibatnya, lahan pertanian yang dialiri saluran irigasi ini yang meliputi desa Tanjung Morawa, Tiganderket, Sukantendel, Mardinding, Kutambaru, Jandimeriah dan Temburun menjadi tidak berfungsi.

Saat di lokasi, Bupati Karo Tekelin Brahmana, SH mengintruksikan kepada Dinas PU Kabupaten Karo agar segera memasukan alat berat dan memperbaiki sementara saluran irigasi ini sehingga dapat berfungsi kembali untuk mengaliri air kelahan pertanian agar masyarakat dapat kembali bercocok tanam di lahan pertaniannya.

Bupati Karo juga menambahkan bahwa tahun 2018 sesuai yang disampaikan oleh Yuda Siagian dari Kementrian PUPERA disela-sela peninjauan tersebut akan dibangun Dam Kombinasi Irigasi yang nantinya bertujuan untuk menahan lahar dingin dan juga berfungsi untuk saluran irigasi lahan pertanian. (Ebp)