ESDM Sumut Teliti Lantai Rumah Warga Yang Mengeluarkan Panas

ESDM Sumut Teliti Lantai Rumah Warga Yang Mengeluarkan Panas

Foto: ESDM Sumut Teliti Lantai Rumah Warga Yang Mengeluarkan Panas (Int)

Sipayo.com – Guna mencari tahu penyebab munculnya suhu panas yang tinggi dari lantai salah satu rumah warga di Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara, mulai melakukan penelitian dengan meminta izin pemilik bangunan membongkar lantai rumahnya.

Pembongkaran ini dilakukan setelah mendapat arahan dari pegawai Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Utara yang turun ke lokasi untuk mengetahui sumber panas yang berasal dari lantai rumah milik salah seroang warga di Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang.

Setelah dilakukan pembongkaaran lantai keramik rumah milik warga, suhu panas dari bawah tanah malah mengalami peningkatan. Petugas lalu menghentikan pengerukan tanah guna menghindari hal-hal yang tidak dinginkan.

Menurut Staf ESDM Provinsi Sumut Hasan, sebenarnya peristiwa seperti ini sudah sering terjadi di Sumatera Utara. Namun berdasarkan temuan mereka selama ini, penyebab munculnya suhu panas dilantai rumah warga karena ada kaitannya dengan listrik yang masih aktif didasar tanah.

Hingga saat ini pihak Dinas ESDM mengaku masih menunggu peningkatan suhu panas dari bawah tanah hingga beberapa hari kedepan. Namun bila kondisi ini terus berlanjut, Dinas ESDM akan mengambil sampel tanah untuk dibawa ke laboraturium. (I.G.S)