Limbah Pabrik Diduga Cemari Air Irigasi di Batubara

Limbah Pabrik Diduga Cemari Air Irigasi di Batubara

Foto: Ilustrasi Irigasi yang Tercemar Limbah

Sipayo.com – Ikan yang berada di saluran irigasi pemukiman warga, Minggu (1/10/2017) sore, tiba-tiba mati mendadak. Diduga kematian habitat air tersebut, akibat pencemaran limbah yang berasal dari pabrik getah di Kabupaten Batubara.

Banyaknya ikan yang mati di air saluran irigasi, yang melintasi lokasi depan rumah warga di Desa Arasi, Kecamatan Air Putih, diduga akibat tercemar kebocoran limbah. Dari pabrik getah yang berada di dekat pemukiman warga.

Kondisi tersebut, membuat warga cemas dan khawatir, karena edapan air irigasi ini diduga telah tercemar oleh limbah getah.

Air irigasi terlihat berubah warna menjadi kecoklatan dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Kekhawatiran warga, air yang tercemar limbah akan meresap ke dalam sumur, tempat sumber air untuk kebutuhan sehari-hari warga.
Selain itu, irigasi yang berfungsi sebagai saluran pembuangan air, dari pemukiman warga, menuju ke pembuangan alur sungai Sei Tanjung.

Warga di Desa Aras, Kecamatan Air Putih juga khawatir jika terus dibiarkan, maka pencemaran limbah yang diduga berasal dari pabrik getah tersebut, juga akan berdampak pada pencemaran air sungai Sei Tanjung.