Mantan Bupati Nias Ditahan Kejaksaan Karena Kasus Korupsi

Mantan Bupati Nias Ditahan Kejaksaan Karena Kasus Korupsi

Foto: Ilustrasi Korupsi

Sipayo.com – Tersangka kasus dugaan korupsi, mantan bupati Nias, Binahati B Baeha, resmi menjadi tahanan Kejaksaan Negeri Gunungsitoli, terkait kasus dugaan korupsi, penyertaan modal kepada PT Riau Air Line. Dengan kerugian negera sebesar 6 Miliar rupiah.

Usai menjalani pemeriksaan di ruang tindak pidana khusus, kejaksaan negeri, kejari Gunungsitoli, mantan Bupati Nias, Binahati B Baeha, akhirnya langsung di tahan oleh Kejaksaan Negeri Gunungsitoli.

Pada masa penyidikan di kepolisian, mantan Bupati Nias tidak ditahan, karena sedang menjalani masa hukuman penjara pada kasus yang berbeda, yaitu kasus korupsi dana bencana alam Nias tahun 2001.

Saat di limpahkan di kejari Gunungsitoli, mantan bupati Nias Binahati B Baeha, terpaksa di lakukan penahanan, khawatir tersangka akan melarikan diri. Selanjutnya diboyong dengan menggunakan sebuah mobil minibus, untuk di titip di Lapas Kelas II B Gunungsitoli.

Tersangka diketahui terlibat dugaan kasus korupsi, penyertaan modal ke PT Riau Air Line, dengan mencairkan sejumlah uang, tanpa adanya peraturan daerah sebelumnya, dan menggunakan kekuasaanya sebagai Bupati Nias pada saat itu. Akibat perbuatannya, tersangka Binahati B Baeha di kenakan dengan pasal 2, pasal 3 Undang–undang tindak pidana korupsi. (I.G.S)