Presiden Jokowi Kemungkinan akan Kunjungi Pengungsi Sinabung Besok

Presiden Jokowi Kemungkinan akan Kunjungi Pengungsi Sinabung Besok

Foto: Presiden Jokowi Saat Berkunjung ke Kabupaten Karo pada Oktober 2014

Sipayo.com – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan berkunjung ke Sumatera Utara, Selasa (10/10/2017). Berbagai agenda yang akan dilakukan presiden dalam kunjungan kali ini adalah meresmikan jalan tol dari Bandara Kualanamu menuju Sei Rampah di Kabupaten Serdang Bedagai.

Selain meresmikan jalan tol, menurut kabarnya, kemungkinan presiden juga akan menemui pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

Presiden diperkirakan akan mengunjungi pengungsi Sinabung berdasarkan surat Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dengan nomor surat 360/9482/2017 tertanggal 4 Oktober 2017, yang menghimbau Bupati Karo Terkelin Brahmana agar segera mempercepat penanganan pengungsi.

Satu di antara sembilan poin yang disampaikan Pemprov Sumut adalah pengosongan sejumlah posko pengungsian yang ada di Kabupaten Karo.

“Bahkan kami beri deadline waktu agar pada Oktober ini pos-pos pengungsi itu sudah kosong,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Riadil Akhir Lubis beberapa waktu lalu kepada wartawan.

Riadil mengatakan, data terakhir yang diterima pihaknya menyebutkan saat ini terdapat 2.117 Kepala Keluarga (KK) pengungsi yang masih ditampung di enam atau tujuh posko pengungsian.

Mereka akan diberi uang tunai untuk mencari rumah dan lahan pertanian sendiri sembari menunggu tuntasnya pembangunan hunian sementara dan hunian tetap.

Di samping itu, beberapa di antara mereka juga akan dipindah ke hunian sementara yang telah tuntas dibangun sebanyak 348 unit.

“Jadi nanti mereka diberi uang untuk sewa lahan dan sewa rumah. Jadi modelnya seperti relokasi mandiri, terserah mereka nanti mau cari kemana. Kita kasih uang Rp 110 juta, sebagian untuk cari rumah dan sisanya lahan pertanian sampai nanti pembangunan hunian sementara dan hunian tetap mereka selesai,” kata Riadil.

Riadil menambahkan, pemerintah daerah bersama unsur FKPD di Sumut akan memfasilitasi pemindahan para pengungsi ini.

“Nanti kita akan bersama. Kami juga usulkan nanti mereka pindahnya dibantu menggunakan kendaraan dari pihak TNI, Polri, Pemprov Sumut serta kabupaten dan kota lain. Jadi sama-sama semuanya membantu,” katanya.