Puluhan Ribu Warga Batubaru Belum Memiliki e-KTP

Puluhan Ribu Warga Batubaru Belum Memiliki e-KTP

Foto: Ilustrasi e-KTP

Sipayo.com – Puluhan ribu warga di Kabupaten Batubara, belum juga memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Padahal perekaman data e-KTP warga, telah dilakukan sejak empat tahun lalu.

Berdasarkan data dari Dinas Kepedudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Batubara, sebanyak 22 ribu warga telah melakukan perekaman data dan belum menerima e-KTP. Serta, sebanyak 19 ribu warga Kabupaten Batubara hingga kini belum melakukan perekeman e-KTP.

Kepala Dinas Dukcapil Batubara, Luthfi, mengakui terdapat sejumlah kendala sehingga e-KTP belum bisa dicetak, diantaranya keterbatasan sejumlah blanko e-KTP, yang pada saat ini hanya tersedia, sebanyak 10 ribu lembar. Kendala lain, Dukcapil juga masih menunggu penetapan pemekaran wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Batubara, sehingga pencetakan e-KTP, untuk wilayah kecamatan yang akan dimekarkan tertunda.

Lambatnya pencetakan e-KTP, membuat warga kecewa, sebab perekaman data e-KTP sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu. Bagi warga di Kabupaten Batubara yang belum mendapatkan e-KTP, penggantinya hanya diberikan surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Dukcapil.

Sebagaimana diketahui, untuk Kabupaten Batubara, tercatat sebanyak 264.700 warga berusia di atas 17 tahun yang diwajibkan memiliki e-KTP.