Terkait Dugaan Korupsi, Kades Percut Ditetapkan Jadi Tersangka

Terkait Dugaan Korupsi, Kades Percut Ditetapkan Jadi Tersangka

Foto: Kantor Kepala Desa Percut

Sipayo.com – Kejaksaan Negeri Deliserdang, kamis sore, akhirnya menetapkan tersangka dan langsung menahan Kepala Desa Percut, Kecamatan Percut Sei Tuan, Khairil Anwar dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan APBDES Desa Percut Tahun Anggaran 2016.

Terlihat jaksa memboyong Khairil Anwar ke Lembaga Pemasyarakatan Lubuk Pakam sekitar pukul 17:30 wib, ketika dimintai keterangannya, oleh sejumlah wartawan Khairil hanya tersenyum dengan mengatakan dirinya merasa tidak bersalah.

Kajari Deli Serdang, Asep Maryono mengatakan, Khairil Anwar ditetapkan menjadi tersangka karena disamping alat bukti penerimaaan uang, keterangan saksi dan tersangka juga mengakui.

Sementara penahanan Khairil sendiri atas pertimbangan pertama karena tersangka dikhawatirkan melarikan diri. Kedua menghilangkan alat bukti dan memperlambat proses penyelidikan, karena selama ini tersangka datangnya siang, oleh karena itu untuk mempercepat proses perkara maka kajari melakukan penahanan.

Kades Percut menjadi tersangka dan ditahan karena terkait dugaan penyalahgunaan anggaran pendapatan belanja desa, atau APBDES tahun 2016 yang bersumber dari anggaran dana desa, atau ADD. Dimana uang tersebut yang seharusnya digunakan untuk pembangunan, namun tidak digunakan hingga mengakibatkan kerugian negara sebesar empat ratus juta rupiah.

Atas perbuatannya itu, tersangka Khairil Anwar dikenakan undang-undang nomor, 21 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi, dengan ancaman kurungan 4 tahun penjara. (I.G.S)