Cuaca Buruk, Nelayan di Sibolga Takut Melaut

Cuaca Buruk, Nelayan di Sibolga Takut Melaut

Foto: Ilustrasi Nelayan

Sipayo.com – Akibat cuaca ekstrim, disertai dengan gelombang yang tinggi membuat ratusan nelayan di kawasan pesisir pantai barat, Sumatera Utara, khusunya Kota Sibolga, mulai takut melaut. Bila cuaca buruk tidak kunjung mereda dan para nelayan tidak kunjung turun kelaut, dipastikan harga ikan akan mengalami kenaikan.

Menurut nelayan bagan tancap, Kelurahan Hajoran, Kabupaten Tapanuli Tegah ini, mereka tidak berani melaut karena buruknya cuaca yang disertai dengan angin kencang dan gelombang tinggi.

Guna mengisi waktu yang kosong, para nelayan hanya tampak melakukan perawatan kapal, maupun jaring mereka yang rusak. Sementara untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, para nelayan ini mengaku harus mencari pekerjaan tambahan sebagai kuli bangunan, ataupun kuli panggul dipelabuhan.

Burhan salah seorang nelayan menyebutkan, jika hari biasa dengan kondisi cuaca yang baik, dirinya bersama nelayan lainnya bisa mendapat ikan tangkapan dilaut mencapai 200 hingga 400 kilogram. Namun bila cuaca buruk seperti sekarang ini, para nelayan tidak berani melaut.

Para nelayan beraharap cuaca buruk segera berakhir, sehingga mereka dapat kembali melaut, hingga harga ikan tidak mengalami kenaikan. (I.G.S)