Fakultas Ilmu Budaya USU Gelar Seminar Nasional Mengenang Jasa Pahlawan

Fakultas Ilmu Budaya USU Gelar Seminar Nasional Mengenang Jasa Pahlawan

Foto: Fakultas Ilmu Budaya USU

Sipayo.com – Seminar Nasional mengenang dan menghargai jasa para Pahlawan Nasional, asal Sumatera Utara yang di selenggarakan oleh program studi S1 dan S2 ilmu sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara, di four points hotel by sheraton medan menghadirkan lima pembicara, yakni Prof Dr Hariyono dari Malang, Prof Usman Pelly dari Unimed, Dra Ratna MS, Drs Wara Sinuhaji Mhum, dan Dr Suprayitno Mhum, dari Universitas Sumatera Utara.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme bangsa, menggali nilai-nilai kepahlawanan dan mensosialisasikannya, dalam rangka membangun moral dan karakter bangsa terutama generasi muda.

Dr. Suprayitno M.hum, masyarakat sejarawan Indonesia Sumatera Utara, yang juga menjadi pelopor kegiatan seminar nasional ini mengatakan, mengimplementasikan nilai dan perjuangan pahlawan nasional asal Sumut, dengan mendirikan Monumen Pahlawan Nasional, di tempat dan lokasi yang strategis, agar generasi bangsa, anak muda, di Sumatera Utara mengetahui pahlawan – pahlawan asal Sumatera Utara yang ikut berjuang, mempertahankan NKRI pada masanya.

Kegiatan ini tidak hanya di isi dengan pengetahuan akan pahlawan dan jasa – jasanya, dalam mempertahankan NKRI. Namun dalam kegiatan seminar nasional ini juga menghadirkan tarian daerah multibudaya, seperti tarian Melayu, Nias, Mandailing, Batak Toba dan lainnya, yang menjadi keberagaman suku, di Sumatera Utara. (I.G.S)