Inilah 10 Tokoh dari Sumatera Utara Paling Populer di Wikipedia

Inilah 10 Tokoh dari Sumatera Utara Paling Populer di Wikipedia

Foto: Ilustrasi Wikipedia

Sipayo.com – Wikipedia merupakan salah satu ensiklopedia terlengkap dalam semua bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia. Meski artikel di website ensiklopedia ini kerap dianggap kurang akurat oleh kalangan akademisi dengan alasan dapat diedit berbagai kalangan dan bukan hanya kalangan ahli, justru Wikipedia masih tetap menjadi website rujukan terbesar masyarakat dunia di ranah online.

Berdasarkan Alexa Rank, yakni website yang memberikan peringkat terhadap website di seluruh dunia, menunjukkan bahwa Wikipedia saat ini menempati posisi 5 paling sering dikunjungi. Begitu juga raksasa mesin pencari Google, selalu menempatkan artikel-artikel Wikipedia sebagai rujukan teratas. Artinya, setiap netizen mencari informasi melalui Google, artikel yang ada di Wikipedia akan selalu ditempatkan pada posisi strategis di situs mesin pencari besutan Larry Page dan Sargey Brin tersebut.

Mengingat Wikipedia merupakan salah satu website terpenting di dunia saat ini, termasuk juga di Indonesia, khususnya Sumatera Utara, maka sebagaimana pengamatan sipayo.com dalam beberapa waktu belakangan, terdapat 10 orang tokoh dari daerah ini yang profilnya kerap dibaca di situs ensiklopedia terbesar tersebut.

10 tokoh populer sumut di wikipedia

Berikut adalah daftar 10 tokoh dari Sumatera Utara yang paling populer di Wikipedia selama 20 hari terakhir sebagaimana dirangkum tim Sipayo:

1. Edy Rahmayadi

Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi adalah seorang perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang saat ini menjabat sebagai Pangkostrad. Sosok Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ini pun sebelumnya menjabat sebagai Kodam I/Bukit Barisan, serta Ketua Umum Persatuan Sepakbola Medan Sekitar (PSMS).

Dengan posisinya sebagai Pangkostrad sekaligus Ketua Umum PSSI menjadikan sosok Edy Rahmayadi sangat populer di mata masyarakat. Dengan demikian tak dapat dipungkiri pula, sehingga dalam keseharian profilnya kerap dibaca di Wikipedia, dimana berdasarkan data selama 20 hari terakhir, profil Edy Rahmayadi dibaca sebanyak 12.060 kali atau rata-rata sebanyak 574 kali dalam sehari.

2. Tengku Erry Nuradi

Tengku Erry Nuradi saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara. Sebelum menjabat sebagai gubernur, Erry Nuradi juga pernah tercatat sebagai Wakil Gubernur Sumatera Utara mendampingi Gatot Pujo Nugroho.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi juga pernah tercatat sebagai Bupati Kabupaten Serdang Bedagai. Ia merupakan adik dari Mantan Gubernur Sumatera Utara, Tengku Rizal Nurdin (Alm).

Sosoknya sebagai Gubernur Sumatera Utara, menjadikan nama Tengku Erry juga cukup populer di mata masyarakat. Di lamaan Wikipedia sendiri, namanya sudah dibaca sebanyak 2.728 kali dalam 20 hari terakhir, atau rata-rata dalam sehari sebanyak 130 kali.

3. Jopinus Ramli Saragih (JR Saragih)

Jr saragih

Jopinus Ramli Saragih atau yang lebih dikenal dengan sapaan JR Saragih adalah Bupati Kabupaten Simalungun. Ia telah menjabat sebagai bupati sejak 2010, dimana dalam Pilkada Serentak Tahun 2015, dia kembali terpilih untuk periode yang kedua.

Selain dikenal sebagai Bupati Simalungun, JR Saragih juga merupakan sosok pemilik RS Efarina Etaham yang terdapat di Berastagi, Kabupaten Karo, dan di Pangkalan Kerinci, Riau. Selanjutnya, JR Saragih juga dikenal sebagai pendiri SMA/SMK Plus Efarina dan Universitas Efarina di Simalungun.

Di Wikipedia, profil Jopinus Ramli Saragih telah dibaca sebanyak 2.043 kali dalam 20 hari terakhir, atau rata-rata dibaca 97 kali dalam sehari.

4. Maruarar Sirait

Maruarar Sirait

Maruarar Sirait merupakan Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang saat ini tercatat sebagai Anggota DPR RI Fraksi PDIP dari daerah Pemilihan Jawa Barat IX. Namanya melambung lantaran kiprahnya di dunia politik nasional yang dianggap cukup berperan penting.

Dalam 20 hari terakhir, profil Maruarar Sirait dibaca sebanyak 1,269 kali di Wikipedia. Artinya, rata-rata dalam sehari dibaca 60 kali.

5. Tifatul Sembiring

tifatul sembiring

Tifatul Sembiring adalah seorang politisi yang pernah menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika pada medio 2009-2014. Sebelumnya ia juga tercatat sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera.

Saat ini Tifatul menjabat sebagai Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dari Daerah Pemilihan Sumatera Utara I.

Dalam 20 hari terakhir, profil Tifatul Sembiring di Wikipedia dibaca 953 kali, atau rata-rata sebanyak 45 kali setiap hari.

6. Effendi Muara Sakti Simbolon (Effendi Simbolon)

effendi simbolon

Effendi Muara Sakti Simbolon atau yang lebih dikenal dengan julukan Effendi Simbolon, merupakan salah satu politisi Indonesia. Dia merupakan Anggota DPR RI dua periode (2009-2014) dan (2014-2019).

Meski lahir di Banjarmasn 52 tahun silam, Effendi Simbolon juga pernah menjadi calon Gubernur Sumatera pada tahun 2013 yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dalam 20 hari terakhir, profil Effendi Simbolon dibaca sebanyak 630 kali di Wikipedia. Artinya, rata-rata setiap hari, profil politisi PDIP ini dibaca sebanyak 30 kali.

7. Ngogesa Sitepu

Ngogesa Sitepu merupakan Bupati Kabupaten Langkat yang telah menjabat selama dua periode, yakni periode 2009-2014 dan 2014-2019. Selain menjabat sebagai Bupati Kabupaten Langkat, Ngogesa juga dikenal sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sumatera Utara.

Profil Ngogesa Sitepu di Wikipedia selama 20 hari terakhir dibaca sebanyak 510 kali, yakni rata-rata dibaca 24 kali dalam sehari.

8. Arya Mahendra Sinulingga (Arya Sinulingga)

Arya Mahendra Sinulingga atau lebih dikenal dengan Arya Sinulingga merupakan salah satu sosok putra terbaik asal Sumatera Utara, kelahiran Kabanjahe, 18 Februari 1971. Saat ini Arya Sinulingga menjabat sebagai Direktur Pemberitaan di MNC Media.

Selain menjabat sebagai Direktur Pemberitaan MNC Media, Arya Sinulingga juga tercatat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Perindo Bidang Media dan Komunikasi Massa.

Sebelumnya, Arya juga pernah menjabat sebagai Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Sumatera Utara.

Sosok tokoh muda dari Sumatera Utara ini, juga cukup populer di Wikipedia. Profilnya selama 20 hari terakhir dibaca sebanyak 487 kali, atau rata-rata dibaca sebanyak 23 kali dalam sehari.

9. Gus Irawan Pasaribu

gus irawan pasaribu

Gus Irawan Pasaribu adalah seorang politisi Indonesia. Ia terpilih menjadi Anggota DPR RI Periode 2014-2019 dari Gerindra mewakili daerah Pemilihan Sumatera Utara 2. Saat ini ia menjabat di Komisi 7 membidangi energi, riset, dan lingkungan hidup.
Selain aktif sebagai Anggota DPR RI, Gus Irawan juga dikenal sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumatera Utara.

Dalam kurun 20 hari terakhir, profil Gus Irawan Pasaribu telah dibaca sebanyak 271 kali di Wikipedia, atau rata-rata 13 kali dalam sehari.

10. Junimart Girsang

Junimart Girsang

Junimart Girsang adalah politisi Indonesia yang kini menjabat sebagai Anggota DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia mewakili daerah Pemilihan Sumatera Utara III. Di DPR RI Junimart duduk di Komisi III, yang membidangi hukum, hak asasi manusia, dan keagamaan.

Sebelum menjadi Anggota DPR RI, Junimart Girsang juga dikenal sebagai advokat. Selanjutnya, nama Junimart juga dikenal sebagai Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR pada akhir tahun 2015 saat menangani Skandal Politik di Kasus PT Freeport Indonesia.

Di Wikipedia, profil2 Junimart Girsang dibaca 230 kali dalam kurun 20 hari terakhir, atau rata-rata dibaca sebanyak 11 kali setia hari.