Ada Peluang PDIP Usung Mantan Gubenur DKI Jakarta Djarot di Pilgubsu 2018

Ada Peluang PDIP Usung Mantan Gubenur DKI Jakarta Djarot di Pilgubsu 2018

Foto: Djarot Saiful Hidayat

Sipayo.com – PDI Perjuangan akan segara mengumumkan sejumlah bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2018. Salah satunya ialah untuk Pilkada Sumatera Utara (Sumut).

Selain Jawa Barat dan Jawa Tengah, PDI-P juga akan mengumumkan bakal calon gubernur Sumatera Utara. Untuk Pilkada Sumut muncul beberapa nama yang disebut-sebut potensial untuk dicalonkan. Bahkan ada aspirasi di PDIP yang ingin mencalonkan mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat di Pilkada Sumut.

“Sumut kita ada calon-calon dari internal partai Pak Japorman, Ketua DPD. Kemudian muncul juga nama Pak Effendi Simbolon kalau dari internal. Tetapi ada juga yang menyampaikan Pak Djarot Saiful Hidayat sebagai aspirasi kelompok-kelompok relawan,” kata Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/12).

Namun dari nama-nama yang akan diusung, belum dapat dipastikan siapa saja. Semua calon yang akan diusung dalam Pilkada serentak 2018, akan diumumkan secara serentak. Termasuk untuk pilkada Jawa Tengah.

“Nanti kita umumkan sekalian biar ada efek kejutnya termasuk Sumut,” kata Hasto.

Dalam mengusung pasangan calon dalam Pilkada, PDIP kata dia, tidak hanya melihat aspek individu semata. Tapi pihaknya melihat bagaimana kerjasama dengan parpol pengusung, bagaimana tugas kepemimpinannya untuk mengatasi masalah di daerahnya dan membangun masa depan yang lebih baik.

“Karena bagi kami Pilkada serentak itu perpaduan antara ketokohan dari para pasangan calon dengan pergerakan mesin politik partai. Karena kami kedepankan cara pemenangan dengan cara gotong royong itu,” paparnya.

Pengumuman calon ini akan dilaksanakan awal Januari 2018. “Prinsipnya PDIP akan terus mendorong kader dari internal partai. Tapi sekiranya masyarakat memang menghendaki lain, partai juga membuka diri hadirnya kepemimpinan di luar mesin partai,” katanya.