BBPOM Medan Amankan 950 kg Mie Kuning Berformalin dan 919 Kemasan Obat Herbal Ilegal

BBPOM Medan Amankan 950 kg Mie Kuning Berformalin dan 919 Kemasan Obat Herbal Ilegal

Foto: BBPOM Medan Amankan Produk Pangan Tanpa Izin Edar (Int)

Sipayo.com – Sebanyak 950 kilo gram mie kuning mengandung cairan berformalin, dan 919 kemasan obat tradisional herbal ilegal diamankan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Medan. Selain tidak memiliki izin edar, panganan ini juga dianggap berbahaya bila dikonsumsi masyarakat.

Sebanyak 950 kilo gram mie kuning mengandung formalin dan 919 kemasan obat tradisional herbal yang tidak memiliki izin edar diamankan petugas Balai POM, di dua lokasi berbeda, yakni Kota Binjai dan Kota Medan.

Mie kuning mengandung formalin, diamankan di daerah Binjai berbatasan Langkat. Dari lokasi ini, petugas BBPOM tidak hanya mengamankan mie kuning yang siap jual, namun juga cairan formalin sebanyak 500 mili liter dan satu unit mesin produksi mie.

Sementara obat tradisional herbal yang tidak memiliki izin diamankan petugas dari salah satu Klinik Tabib MA yang berada di inti Kota Binjai. Dari lokasi ini, petugas mengamankan 919 kemasan atau pot obat herbal yang seluruhnya terdiri dari 15 jenis.

919 kemasan obat herbal yang diamankan petugas masing-masing 14 jenis produk ramuan inti berbagai penyakit yang jumlahnya 856 kemasan, dan 1 jenis produk dengan kemasan botol kecil berwarna putih yang digunakan untuk tetes mata, yang jumlahnya 63 kemasan.

Obat tradisional herbal yang diamankan nilainya mencapai 500 juta rupiah. Pelaku pembuat dan pengedar obat tradisonal ini dinilai telah melanggar pasal 197 junto 106 undang-undang kesehatan nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, dengan ancaman pidana 15 tahun penjara dan denda 1,5 miliar rupiah. (I.G.S)