Begini Ceritanya Saat Jokowi ‘Ngerjai’ Paspampres dan Para Menteri

Begini Ceritanya Saat Jokowi ‘Ngerjai’ Paspampres dan Para Menteri

Foto : Presiden Joko Widodo

Sipayo.com – Tak seperti hari biasanya, anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengenakan seragam loreng, kemeja batik atau jas. Dimana pada hari Senin (18/12/2017) penampilan para pengemanan tampak berbeda. Dimana, mereka tampak mengenakan kaos kerah lengan pendek cokelat dan celana panjang hitam. Penampilan mereka terlihat kasual.

Diketahui, para anggota Paspampres ini diagendakan mengamankan Presiden Joko Widodo yang akan bertolak ke Bandung, Jawa Barat. Di sana, Presiden akan berbicara di hadapan 1.000 anak-anak millineal dalam acara “Entrepreneurs Wanted!” yang dilaksanakan di Gedung Sasana Budaya Ganesa ITB.

Dresscode acara tersebut adalah “smart casual”, sehingga anggota Paspampres pun mengikutinya.

Dibalik penampilan para pengawal Presiden itu tersimpan cerita menarik. Dimana, awalnya, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono terkejut bukan main saat bertemu Presiden Jokowi di kediamannya, Paviliun Bayu Rini, Kompleks Istana Kepresidenan Bogor.

Begitu keluar dari kediamannya, rupanya Presiden Jokowi mengenakan pakaian sipil lengkap, yang berarti kemeja putih, dasi merah dan jas, serta celana berwarna senada

Penampilan ini tentu sangat berbeda jauh dengan penampilan para Paspampres.

“Selamat pagi, Bapak,” sapa Suhartono.

Jokowi pun membalas sapaan itu sembari senyum-senyum.

Beberapa detik kemudian, Suhartono baru tersadar, Presiden mengerjainya beserta jajaran.

Tidak mau sendirian menjadi “korban” keisengan Presiden, Suhartono pun menginstruksikan kepada jajarannya untuk tidak memberitahukan pakaian yang dikenakan Presiden Jokowi kepada sejumlah pejabat yang menunggu di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

“Tidak usah diberitahu pakaian yang digunakan Presiden ke Halim, biar saja bergaya ‘smart casual’,” ucap Suhartono kepada jajarannya.

Benar saja, begitu rombongan Presiden Jokowi tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, sejumlah pejabat berpenampilan kasual, sesuai dengan dresscode acara.

Salah satu pejabat itu adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

“Aku pakai baju begini (bergayasmart casual) dan sepatu kets, eh Pak Presiden pakai baju resmi,” ujar Pramono, pasrah.