Gempa 6,9 SR Bikin Rusak Sejumlah Fasilitas dan Ruangan di RSUD Banyumas

Gempa 6,9 SR Bikin Rusak Sejumlah Fasilitas dan Ruangan di RSUD Banyumas

Foto: Ruangan RSUD Banyumas Rusak Pasca Gempa 6,9 SR

Sipayo.com – Gempa berkekuatan 6,9 SR yang terjadi pada, Jumat (15/12/2017) sekitar pukul 23.47 WIB yang mengguncang wilayah pesisir Jawa Barat dan Jawa Tengah, membuat rusak sejumlah fasilitas dan ruangan di RSUD Banyumas.

Guncangan gempa yang terjadi dengan durasi sekitar 20 menit tersebut, mengakibatkan dinding ruangan mengelupas dan rontok. Selain itu, langit-langit ruangan pun turut ikut runtuh.

Alat-alat di ruangan tersebut juga turut ikut kena runtungan langit-langit yang ambrol, seperti alat CT Scan dan alat cuci darah.

Berdasarkan keterangan Wakil Direktur Umum RSUD Banyumas, Bambang Widoyoko, ketika terjadi gempa, pasien di rumah sakit langsung dievakuasi keluar.

“Sebanyak 53 pasian dievakuasi sempat dievakuasi. Setelah menunggu lebih dari satu jam dan tidak terjadi lagi gempa susulan, pasien kami evakuasi ke ruang ICU yang kami rasa lebih aman,” terangnya.

Bambang mengungkapkan, bila hingga kini pihaknya masih mengosongkan sementara ruang radiologi dan ruang talasemia demi keamanan pasien. Begitu juga ruangan teratai kelas 3 yang dekat dengan ruangan talasemia juga turut dikosongkan.

Terkait alat-alat yang terkena runtuhan langit-langit, Bambang mengatakan akan melakukan pemeriksaan kelayakan alat.

“Kami akan periksa dulu. Kalau aman, kita gunakan untuk pengobatan. Kalau rusak, kemungkinan pasien yang perlu mengggunakan alat tersebut atau kita rujuk ke Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto,” terangnya.