Ini 10 Hal yang Paling Banyak Dicari di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2017

Ini 10 Hal yang Paling Banyak Dicari di Google Indonesia Sepanjang Tahun 2017

Foto: Google Search

Sipayo.com – Topik apa yang paling banyak dicari oleh kalangan pengguna internet di Indonesia sepanjang tahun 2017? Mungkin pertanyaan demikian pernah terlintas dibenak para pembaca. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kini Google Indonesia pun secara resmi mengumumkan penelusuran terpopuler sepanjang tahun 2017.

Sebagai hasilnya, terdapat 10 hal yang paling banyak dicari oleh orang Indonesia. Sebagaimana diungkapkan Director Google Indonesia, Tony Keusgen, pencarian yang dilakukan orang Indonesia di internet sangatlah beragam, kendati demikian satu hal yang menjadi ciri khasnya adalah pencarian bersifat lokal.

“Daftar Year in Search tahun ini menjadi cerminan dari apresiasi orang Indonesia terhadap kreativitas asli orang Indonesia. Dengan makin banyak orang mengenal internet, kita akan makin banyak melihat konten, kreator, dan bisnis lokal bermunculan di seluruh Indonesia. Kami di Google berkomitmen membantu konten-konten lokal ditemukan, kapan saja, dan di mana saja,” kata Keusgen.

Sekadar diketahui, untuk pertama kalinya dalam sejarah Year in Search di Indonesia, lagu dan film karya anak bangsa menempati 2 peringkat teratas penelusuran terpopuler di Indonesia.

Adapun 10 besar pencarian terpopuler di Indonesia sepanjang 2017 di antaranya adalah:
1. Lagu Surat Cinta untuk Starla,
2. Pengabdi Setan,
3. Setya Novanto,
4. Pilkada DKI,
5. SEA Games,
6. Jokowi Mantu,
7. Ayam Geprek,
8. Raja Salman,
9. Sidang Ahok, dan
10. Om Telolet Om.

Product Communication Lead Google Indonesia Putri Silalahi mengatakan, pencarian terhadap lagu Surat Cinta untuk Starla bersifat konsisten dari Januari hingga Desember 2017.

“Kenapa Surat Cinta untuk Starla ini spesial, karena orang mencari-cari terus liriknya, kunci gitar, arti liriknya, dan sekarang filmnnya mau ke luar. Jadi orang terus mencari dan ini engaging,” kata Putri ditemui di kesempatan yang sama.

Pencarian Surat Cinta untuk Starla pun kata Putri, tidak diduga-duga. “Tadinya mikir Despacito atau Akad –lagu Akad milik band Payung Teduh– tapi ternyata justru Surat Cinta untuk Starla dan ini pencariannya di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Putri mengatakan, biasanya pencarian terpopuler dipengaruhi oleh pencarian terbanyak di Jakarta, Surabaya, Medan dan berbagai kota besar di Indonesia. Namun, khusus untuk Surat Cinta untuk Starla ini benar-benar merata di seluruh Indonesia.