Jalur Praperadilan yang Ditempuh Setya Novanto Akhirnya Dinyatakan Gugur

Jalur Praperadilan yang Ditempuh Setya Novanto Akhirnya Dinyatakan Gugur

Foto: Setya Novanto

Sipayo.com – Jalur praperadilan yang ditempuh Setya Novanto untuk kali kedua, akhirnya kandas. Pasalnya, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan secara resmi memutuskan menggugurkan permohonan atas status tersangkanya dalam kasus korupsi e-KTP.

Dalam putusannya, hakim tunggal Kusno menyatakan permohonan yang diajukan Setnov gugur. “Menyatakan praperadilan pemohon gugur,” ujar Hakim Kusno saat membacakan putusan di ruang sidang utama PN Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2017).

Hakim Kusno menilai, penetapan tersangka terhadap Novanto untuk yang kedua kalinya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinyatakan sah.

Keputusan Kusno mengacu pada Pasal 82 Ayat 1 huruf d Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang berbunyi dalam hal suatu perkara sudah mulai diperiksa pengadilan negeri sedangkan pemeriksaan mengenai permintaan kepada praperadilan belum selesai, maka permintaan tersebut gugur.

Diketahui, terdakwa perkara dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto, berencana mengajukan nota keberatan atau eksepsi pada persidangan selanjutnya. Sebab, banyak perbedaan dengan dua dakwaan yang lalu.

Sebagaimana hal itu diungkapkan Kuasa Hukum Setya Novanto, Maqdir Ismail, setelah kliennya didakwa merugikan negara Rp2,3 triliun dari proyek e-KTP, tahun anggaran 2011-2013.