Jelang Natal Dan Tahun Baru, Harga Cabai Terus Meroket di Mandailing Natal

Jelang Natal Dan Tahun Baru, Harga Cabai Terus Meroket di Mandailing Natal

Foto: Ilustrasi 

Sipayo.com – Jelang perayaan natal dan tahun baru, harga berbagai kebutuhan pokok terus mengalami kenaikan di sejumlah pasar tradisional yang ada di Mandailing Natal. Setelah cabai merah sebelumnya mengalami kenaikan, kini harga cabai rawit juga ikut mengalami kenaikan hingga mencapai 100 persen, disusul harga ayam potong dan juga harga ikan.

Kenaikan harga kebutuhan pokok di pasar panyabungan Mandailing Natal, Sumatera Utara, masih terus terjadi. Kenaikan didominasi pada komoditi bumbu dapur seperti cabai merah dan cabai rawit.

Harga cabai merah besar masih terus bertahan pada level 65 ribu hingga 70 ribu rupiah per kilogram. Kenaikan harga cabai merah ini merupakan harga tertinggi di Indonesia, karena kebutuhan cabai di Mandailing Natal cukup tinggi, sementara pasokan terus merosot akibat faktor cuaca yang buruk.

Tidak hanya cabai merah, cabai rawit kini ikut merangkak naik, kenaikan harga cabai rawit mencapai 100 persen dari harga semula 27 ribu rupiah menjadi 55 ribu rupiah per kilogram.

Harga telur ayam juga masih tinggi dijual 22 ribu rupiah per kilogram, sementara ayam potong harganya juga naik fantastis dari 25 ribu menjadi 31 ribu rupiah per kilogram.

Akibat kenaikan berbagai kebutuhan pokok ini, para pedagangpun mulai mengeluh, karena semakin minimya jumlah pembeli. (I.G.S)