Sejumlah Bandar Narkoba Divonis Bervariasi di Pengadilan Negeri Medan

Sejumlah Bandar Narkoba Divonis Bervariasi di Pengadilan Negeri Medan

Foto: Ilustrasi

Sipayo.com – Enam terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu seberat tiga puluh sembilan koma dua kilogram, lolos dari hukuman seumur hidup. Keenam bandar ini hanya dijatuhi hukuman berfariasi, mulai dari hukuman 16, hingga 20 tahun penjara, dengan masing-masing denda 1 miliard rupiah.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan yang diketuai Jony Simanjuntak. Dalam putusan yang dibacakan oleh dua ketua majelis hakim yang berbeda pada rabu Petang, para pelaku dijatuhi hukuman bervariasi.

Untuk terdakwa Mulyadi, Saipul, Dedy dan Andre Maulana, masing-masing dijatuhi Hukuman 20 tahun penjara. Sedangkan untuk dua terdakwa lainnya dalam berkas Terpisah, yakni terdakwa Zakaria divonis enam belas tahun penjara, sedangkan terdakwa Harizal divonis delapan belas tahun penjara dengan masing-masing denda 1 miliard rupiah subsider enam bulan kurungan.

Keenam terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan memiliki dan menguasai narkotika golongan satu dengan jumlah lebih dari 5 gram, sebagaimana diatur dalam pasal 144 ayat 2 juncto pasal 132 ayat 1 undang-undang nomor 35 tahun 2009 Tentang narkotika.

Vonis yang dijatuhkan hakim, lebih rendah dari tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut keenam terdakwa dengan hukuman seumur hidup. Atas putusan tersebut, jaksa penuntut umum Joice Sinaga menyatakan akan mengajukan banding.

Penangkapan keenam terdakwa ini berawal dari petugas Badan Narkotika Nasional berhasil meringkus terdakwa Syaiful di rumah Habibie pada 1 maret 2017, hingga Selanjutnya petugas melakukan pengembangan dan kembali menangkap satu per satu terdakwa lainnya di lokasi terpisah di Medan, beriku barang bukti 9,2 kilo gram sabu-sabu. (I.G.S)