Ganjar Pranowo Mangkir dari Pemeriksaan KPK Terkait Kasus Korupsi e-KTP

Ganjar Pranowo Mangkir dari Pemeriksaan KPK Terkait Kasus Korupsi e-KTP

Foto: Ganjar Pranowo 

Sipayo.com – Agenda pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang sedianya akan digelar, Rabu (3/1/2017).

Gajar sebelumnya telah dipanggil oleh KPK sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP untuk melengkapi berkas penyelidikan politisi Golkar, Markus Nari.

“Yang bersangkutan mengirimkan surat bahwa yang sedang ada tugas kedinasan yang tidak diwakilkan,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta.

Tak hanya Ganjar, politisi Partai Golkar Melchias Marcus Mekeng juga mangkir dari pemeriksaan penyidik KPK. “Yang bersangkutan mengirimkan surat permintaan penjadwalan ulang,” katanya.

Atas ketidakhadiran ini, pemeriksaan terhadap keduanya dijadwalkan ulang. Namun, Febri mengaku belum mengetahui secara pasti jadwal pemeriksaan terhadap keduanya.

Diketahui, Ganjar dan Melchias Mekeng telah berulang kali diperiksa sebagai saksi dalam kasus yang merugikan keuangan negara hingga Rp2,3 triliun tersebut baik untuk penyidikan terhadap dua mantan pejabat Kemdagri Irman dan Sugiharto, pengusaha Andi Narogong maupun mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto.

Dalam dakwaan terhadap Irman dan Sugiharto, Ganjar disebut menerima uang sebesar USD520 ribu, sementara Melchias Mekeng menerima uang sebesar USD 1,4 juta.