Aksi Damai Pilkada Netral Ricuh, Aula Kantor Bupati Batu Bara Diselimuti Asap Putih

Aksi Damai Pilkada Netral Ricuh, Aula Kantor Bupati Batu Bara Diselimuti Asap Putih

Sipayo.com – Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda dan Masyarakat (AMPERA), Kamis (22/3/2018) sore, bentrok dengan petugas Satpol PP, saat melakukan aksi damai menuntut PJS Bupati agar netral pada pegelaran Pilkada di Batu Bara. Salah seorang polisi turut tersiram bensin, saat akan meredam aksi bakar ban.

Aksi damai ini dilakukan oleh ratusan massa yang tergabung dalam AMPERA di depan Aula Pertemuan Kantor Bupati Batu Bara di Kecamatan Lima Puluh.

Awalnya, aksi damai ini berjalan aman, pada saat para pendemo menyampaikan orasinya, dihalangi oleh petugas Satpol PP yang melakukan pagar betis di lokasi aksi. Massa yang terlihat berupaya ingin melakukan aksi bakar ban bekas di depan halaman Aula Pertemuan Kantor Bupati, dihalau oleh petugas gabungan.

Seorang polisi terlihat tersiram oleh bahan bakar minyak bensin yang dibungkus dengan kemasan kantong plastik. Situasi semakin memanas, karena massa dan petugas saling adu mulut.

Aksi saling tarik ban bekas, dan bentrokan pun tidak terhindarkan lagi. Masa tetap ngotot melakukan aksi bakar ban di depan pintu ruangan pertemuan Bupati Batu Bara. Aula pertemuan pun sempat diselimuti asap putih, yang berasal dari gas racun api yang ditembakkan petugas hingga mengenai pengunjuk rasa.

Dalam aksinya, massa mendesak agar PJS Bupati Batu Bara, segera angkat kaki karena mereka merasa telah melakukan kecuranan dan memihak kepada salah satu paslon bupati.

Aksi akhirnya terhenti ketika pihak kepolisian berhasil meredam ketegangan antara kedua belah pihak, dan massa pendemo dengan tertib membubarkan diri.