Berawal Manis Justru Berakhir Miris, Begini Kisah Cinta Stephen Hawking dan Perawatnya

Berawal Manis Justru Berakhir Miris, Begini Kisah Cinta Stephen Hawking dan Perawatnya

Foto : Stephen Hawking

Sipayo.com – Sosok Stephen Hawking Fisikawan asal Inggris wafat pada usia 76 tahun, Rabu (14/3/2018). Kabar duka tersebut disampaikan oleh putra-putrinya yakni Lucy, Robert dan Tim. Semasa hidupnya Stephen pernah menjuluki wanita sebagai “misteri lengkap”.

Dan di tahun-tahun sebelum kematiannya, kehidupan cinta Stephen Hawking yang bermasalah didokumentasikan dengan baik. Fisikawan Inggris ini diketahui gagal menjalani mahligai rumah tangga sebanyak dua kali. Pada pernikahan kedua, Hawking meminang perawatnya sendiri, Elaine Mason.

Sebelum menjadi perawat Stephen Hawking, Elaine bekerja di panti asuhan di Bangladesh. Sesudah itu dia kembali ke Inggris, bekerja sebagai perawat dan caregiver (mengurusi orang disabilitas atau lansia di rumah).

Elaine pernah menjadi perawat Hawking, tepatnya di sekitar 1980-an. Saat itu fisikawan tersebut masih menikah dengan Jane Wilde, seperti dikutip dari The Sun, Kamis (15/3/2018).

Sebelum Elaine hadir, pernikahan Hawking dan Jane sedang tidak baik. Penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang mendera Hawking memburuk, membuat Jane stres bahkan depresi.

Saat itu Jane merasa dirinya bukan sekadar istri, tapi sopir, perawat, pelayan, pembawa cangkir, dan juru bicara. Kala itu, Jane tengah dekat dengan musikus Jonathan Hellyer Jones. Ketika pernikahan Hawking bersama Jane renggang, hadir Elaine yang merawat Hawking penuh kasih. Makin lama hubungan fisikawan dengan perawatnya itu makin dekat.

Sebelum menikah dengan Hawking, Elaine pernah menikah dengan seorang insinyur, yang karyanya kemudian dipakai Hawking untuk mendigitalisasi suara. Hingga pada 1990, Hawking meninggalkan Jane dan tinggal di flat Elaine. Lima tahun sesudahnya, Stephen Hawking bercerai dari Jane, lalu menikahi Elaine.

Setelah 11 tahun mengarungi bahtera rumah tangga, Hawking dan Elaine bercerai. Tak jelas apa penyebab perceraian pasangan beda profesi ini. Namun, muncul rumor tak sedap di baliknya.

Saat itu berkembang desas-desus Hawking selingkuh dengan caregiver yang lain. Namun, tuduhan ini ditampik oleh sekretarisnya, Judith Croasdell. Tak cuma itu, kabarnya selama pernikahan Elaine melakukan kekerasan terhadap Hawking.

Pernah di 2003, putri Hawking, Lucy, mendapati luka serius di tubuh ayahnya. Lucy bahkan membawa kasus ini ke polisi. Namun, Hawking secara terbuka menolak klaim itu. Namun, Hawking ternyata tidak bisa menjelaskan alasan luka dan memar di tubuhnya.