Heboh! Curhatan Mahasiswa yang Mengaku Dilecehkan Dosen Ketika Bimbingan Skripsi Viral

Heboh! Curhatan Mahasiswa yang Mengaku Dilecehkan Dosen Ketika Bimbingan Skripsi Viral

Foto : Ilustrasi

Sipayo.com – Dunia pendidikan tinggi kembali ternoda dengan kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh seorang mahasiswi dari dosen pembimbing skripsinya.

Pengakuan itu diberikan oleh mahasiswi yang berinisial TS atau pemilik akun Instagram A. Pengakuan TS kemudian diunggah ulang oleh akun Instagram Waranddrama.sosmed, Kamis (29/3/2018).

TS mengaku sebagai mahasiswi Fakultas Hukum angkatan 2014 di sebuah universitas, dia mengaku mengalami tindak pelecehan seksual oleh oknum dosen pembimbing skripsinya. Pelecehan ini berlangsung selama 6 bulan terakhir pada masa pengerjaan skripsi TS.

“Saya, Mahasiwi FH dengan nama universitas tak diungkap pada tahun 2014, merupakan korban pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu dosen pembimbing serta salah satu dosen penguji.”

“Pelecehan seksual yang bagaimana? Pertama, godain verbal berkonotasi seksual.”

“Kedua, kontak fisik yang tidak diinginkan. Ketiga, ajakan melakukan hubungan seksual.”

“Ya, 3 hal tersebut menjadi makanan sehari-hari saya selama 6 bulang terakhir pengerjaan skripsi saya,” tulis TS lewat Instagram Stories miliknya.

TS menerangkan bahwa empat bulan pertama, dirinya selalu mendapat perlakuan tak senonoh dari dosen bimbingan skripsinya. Bahkan dirinya pernah menerima pertanyaan yang selayaknya tak diucapkan dosen kepada mahasiswanya.

Pertanyaan itu yakni soal bayaran kecan semalam, dan TS terdiam lantaran tak menduga dosennya bakal merendahkan martabatnya. Ketika bimbingan usai pun pelecehan yang diterima TS tak berhenti dan kini giliran dosen pengujinya melakukan pelecehan.

Saat mengajukan hasil revisi, dosen pengujinya selalu menolak dengan berbagai alasan dan anehnya dosen pengujinya malah berupaya melakukan pelecehan kepada dirinya.

TS berupaya menghindar dan menolak ajakan tak senonoh dosen tersebut. TS nekat membagikan kisah ini demi ada tindak lanjut serius dari pihak kampus. Terlebih TS tak mau adik tingkatnya menerima perlakuan serupa.

“Miris ya saat pelecehan seksual di suatu instansi pendidikan sudah dianggap sebagai rahasia umum,” terang TS kecewa.

Sejak dibagikan ulang oleh akun Instagram Waranddrama.sosmed, postingan ini banyak mencuri perhatian netizen. Netizen mengaku miris melihat tindakan itu sudah menjadi rahasia umum di kampus TS. Netizen berharap pihak berwenang segera mengusut tuntas kasus tersebut.

“Pelecehan bisa terjadi dimana saja dan bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan orang yang berpendidikan sekalipun atau orang yang kita hormati sekalipun.”

“Tapi adakah hukum tegas untuk pelecehan yang dilakukan oknum dosen seperti ini?”

“Atau malah kampus seolah menutup telinga dengan masalah ini?”

“Saya berharap semoga masalah ini segera diselesaikan seadil adilnya.”

“Untuk teman teman yang mengalami hal serupa jangan takut untuk melapor atau berbagi pengalaman kalian.” tulis akun tersebut.