Ini Jadwal Pendaftaran dan Syarat Jadi Calon DPD RI

Ini Jadwal Pendaftaran dan Syarat Jadi Calon DPD RI

Foto: KPU DIY

Sipayo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Rabu 21 Februari 2018 menggelar Forum Group Discussion (FGD) Sosialisasi Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu Perseorangan Calon Anggota DPD di Phoenix Hotel Yogyakarta. Dalam kegiatan ini, KPU DIY mensosialisasikan Tahapan Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu khususnya Bakal Calon Anggota DPD RI Dapil DIY.

Komisioner KPU DIY Siti Ghoniyatun mengatakan ada beberapa syarat yang harus diikuti para bakal calon anggota DPD RI diantaranya minimal jumlah dukungan dan sebaran dukungan tersebut. Menurut Ghoni, untuk wilayah DIY, bakal calon paling tidak harus memiliki 2000 dukungan dan tersebar di minimal 3 kabupaten/kota DIY.

“Untuk DIY sesuai data bahwa jumlah pemilih dari Daftar Pemilih Tetap adalah 2.715.687 maka minimal dukungan untuk bakal calon yakni 2000 pendukung dan tersebar di minimal 50 persen wilayah yakni 3 kabupaten/kota. 2000 dukungan tersebut harus dibuktikan dengan form daftar dukungan yang dibubuhi tanda tangan atau cap jempol jari tangan dilengkapi fotokopi KTP pendukung,” ungkapnya.

Terkait dukungan, nantinya KPU bakal melakukan dua tahapan verifikasi yakni administrasi memuat kelengkapan dokumen dukungan dan faktual yakni pengecekan lapangan secara langsung untuk mencegah adanya data pendukung ganda untuk lebih dari satu calon. “Pasal 519 UU nomor 7 tahun 2017 menjelaskan apabila ada pendukung yang menyesatkan seseorang dengan memaksa, menjanjikan atau dengan memberikan uang atau materi lainnya untuk memperoleh dukungan bagi pencalonan anggota DPD maka diancam pidana maksimal 3 tahun dan denda Rp 36 juta,” tegasnya.

Sementara untuk syarat bakal calon, Ghoni menjelaskan undang-undang nomor 7 tahun 2017 pasal 182 mensyaratkan bawasanya yang bersangkutan harus diatas 21 tahun, berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat serta tak pernah dipidana dengan tuntutan penjara 5 tahun atau lebih. “Bakal calon juga harus sehat jasmani-rohani, bebas narkoba, terdaftar sebagai pemilih serta bersedia mundur dari jabatan yang sumber pendapatannya dari keuangan negara,” sambungnya.

KPU DIY sendiri mulai membuka pendaftaran bakal calon anggota DPD RI pada 22-26 April 2018. Untuk penyerahan dokumen syarat dukungan, KPU memberikan tenggat waktu 22-26 April 2018 sebelum nantinya dilakukan verifikasi administrasi dan faktual sebelum menetapkan sebagai calon anggota DPD RI.

DIY sendiri saat ini menempatkan empat anggota di jajaran lembaga DPD RI yakni GKR Hemas, Afnan Hadikusumo, Cholid Mahmud dan Hafidh Asrom.