Edy Rahmayadi Soroti Pembangunan SDM Saat Berkunjung ke Mandailing Natal

Edy Rahmayadi Soroti Pembangunan SDM Saat Berkunjung ke Mandailing Natal

Edy Rahmayadi Berkunjung ke Mandailing Natal (Foto: Istimewa)

Sipayo.com – Kunjungan Calon Gubernur Sumut 2018-2023 Edy Rahmayadi, beserta istri Nawal Lubis, disambut antusias oleh masyarakat Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Minggu (29/4).

Edy dan Nawal Lubis disambut dengan upacara adat khas pesisir Mandailing Natal. Usai mengenakan pakaian adat, Edy dan Nawal diarak dari Kota Natal menuju Mess Pemprov Sumatera Utara. Sebelum memasuki mess, Edy Rahmadi dan Nawal Lubis disambut oleh penampilan tarian gelombang 12 dan tari pedang.

“Saya sangat berterimakasih atas sambutan masyarakat Natal. Saya dipakaikan pakaian adat, terus diarak. Ditepung-tawari dan diupah-upah. Saya merasa bak pengantin baru ini,” ucap Edy di lokasi.

Dalam acara silaturahmi itu, Edy juga mengajak masyarakat untuk menyadari potensi kekayaan alam, budaya dan adat istiadat yang dimiliki Bangsa Indonesia khususnya di Sumatera Utara.

“Tidak hanya kebanggaan sebagai jati diri bangsa yang bermartabat namun juga sebagai daya tarik bagi bangsa lain khususnya para wisatawan mancanegara,” ujarnya di hadapan warga.

Edy menjelaskan Indonesia sungguh kaya, baik dari segi budaya dan adat istiadat maupun kekayaan alam. Kekayaan inilah yang tidak dimiliki oleh negara lain.

“Di Indonesia saja ada 716 adat dan 1.012 bahasa dan Sumatera Utara mengisi kekayaan adat istiadat dan budaya itu. Inilah anugerah Tuhan ini harus kita syukuri dan kita rawat dengan baik,” ujar mantan Pangkostrad itu.

Menyahuti harapan sejumlah tokoh adat dan masyarakat Mandailing Natal yang mengarapkan pemekaran, Edy menyebut pembangunan yang terjadi makin cepat. Namun, ia menilai pemprov harus memperhatikan pengembangan masyarakat sekitar.

“Namun untuk menjadi kabupaten tentu tidak hanya persoalan kesiapan infrastruktur seperti jalan tapi juga infrastruktur lainnya. Termasuk kesiapan SDM dan potensi daerahnya,” pungkasnya.